Daihatsu dan Astra Honda Dapat Apresiasi Pendidikan Vokasi dari Kemendikbud RI

Daihatsu dan Astra Honda Dapat Apresiasi Pendidikan Vokasi dari Kemendikbud RI
ADM dan AHM dapat penghargaan vokasi dari Kemendikbud RI. ©2020 Merdeka.com
OTOMOTIF | 23 Desember 2020 20:05 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM), mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI atas komitmennya mendukung pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia, kemarin (21/12).

AHM bekerja sama dengan 687 SMK dalam penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, dalam perjalanan 10 tahun berkomitmen di dunia vokasi, perusahaan terus mengembangkan dan memperbarui materi dan metode ajar untuk siswa vokasi otomotif roda dua yang diselaraskan sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri. Harapannya, tercipta 'link and match' kualitas SDM vokasi di Indonesia dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

“Kami tidak hanya mengembangkan kualitas para siswa vokasi dengan kompetensi teknik sepeda motor, mereka juga dibekali dengan keahlian bisnis dan manajemen wirausaha bengkel. Sehingga, kami berharap lulusan SMK yang bekerjasama dengan AHM dapat menjadi generasi muda yang siap kerja, cerdas, dan mandiri,” ujar Muhibbuddin dalam rilisnya.

Satu Dekade Dukung Vokasi

Program pengembangan pendidikan vokasi dilakukan AHM selama satu dekade sejak 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Siswa dari 687 SMK mitra binaan AHM mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Saat ini tercatat jumlah guru produktif di seluruh SMK TBSM Astra Honda berjumlah 3.462 orang. Selain itu, terdapat 62 SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi sebelum berkompetisi di dunia industri.

Pada tahap lanjut, AHM juga membekali siswa dengan pelatihan kompetensi untuk bengkel wirausaha muda yang tergabung pada Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP). Program ini merupakan program berkala tahap lanjut bagi alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda dan memiliki usaha bengkel sepeda motor.

2 dari 2 halaman

Daihatsu Dukung Vokasi

adm dan ahm dapat penghargaan vokasi dari kemendikbud ri
©2020 Merdeka.com

Penghargaan serupa juga diterima oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang dipilih melalui satu pilar corporate social responsibility (CSR), yakni pilar Pintar bersama Daihatsu. 

ADM berkomitmen mendukung pendidikan vokasi di Indonesia dengan membina 351 SMK di seluruh Indonesia sejak 2008 dengan fokus utama di jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Ini untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa melalui pelatihan, magang, uji kompetensi, serta sertifikasi kompetensi.

Selain itu, Daihatsu juga melakukan pendampingan untuk memperkuat sistem manajemen SMK agar sesuai dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), melakukan standardisasi ruang kelas, workshop, hingga membangun Dojo Safety di beberapa sekolah.

“Daihatsu mengucapkan terima kasih atas apresiasi vokasi ini. Penghargaan ini merupakan kebanggan bagi kami, sekaligus pengakuan terhadap komitmen dan keseriusan Daihatsu dalam meningkatkan 'link and match' antara sekolah vokasi dan dunia industri baik dalam peningkatan pada aspek kompetensi individu (hard skill) maupun budaya kerja (soft skill)," ujar Joko Baroto, Executive Officer Human Resources ADM, dalam rilisnya.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami