Debut di GIIAS, Mitsubishi XM Concept bikin pengunjung terpukau

OTOMOTIF | 11 Agustus 2016 19:18 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - World premiere debut mobil konsep Mitsubishi XM Concept berlangsung sukses di hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Kamis (11/8) sore, di ICE BSD City, Tangerang Selatan. Ratusan pengunjung VIP dan media menghadiri debut perdana global mobil yang berkonsep crossover MVP ini. Tampil dengan warna hijau-kuning, eksterior XM Concept mengundang decak kagum para pengunjung.

XM Concept akan menggunakan mesin baru 1,5 liter bensin. Ground clearance tinggi dengan eksterior berkonsep dynamic shield ala All New Pajero Sport.

Mitsubishi XM Concept di GIIAS 2016 ©2016 Merdeka.com

Kozo Shiraji, Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation (MMC), mengatakan mobil XM Concept merupakan salah satu proyek besar Mitsubishi di Indonesia, selain pabrik baru di Cikarang, Jawa Barat. Kedua proyek ini untuk merespons pasar kendaraan bermotor di Indonesia yang terus bertambah, selain untuk memastikan pertumbuhan berkesinambungan Mitsubishi di Indonesia. Dalam pandangan kami, lanjut dia, permintaan kendaraan bermotor Indonesia , khususnya segmen MPV akan terus bertumbuh dengan pesat.

XM Concept menggunakan kekuatan Mitsubishi yang panjang di teknologi SUV seperti di model Pajero dan Pajero Sport. Kekuatan tersebut akan dipergunakan untuk menciptakan produk yang sangat baik bagi segmen kendaraan terpopuler di Indonesia, yakni small MPV.

Mitsubishi XM Concept di GIIAS 2016 ©2016 Merdeka.com

Mitsubishi XM Concept di GIIAS 2016 ©2016 Merdeka.com

"Kami menyebut XM Concept sebagai small crossover MPV yang unik, karena mengombinasikan fitur terbaik di SUV dan MPV, yakni power dan utilitas ala SUV dengan kelapangan dan kenyamanan dari MPV tujuh penumpang," ujar Shiraji yang meresmikan world premier debut XM Concept di GIIAS 2016, Kamis sore.

Menurut dia, XM Concept akan diproduksi massal di pabrik baru Cikarang pada Oktober 2017. Rencananya XM model buatan Indonesia ini akan di ekspor ke pasar Asia Tenggara (ASEAN) dan kemungkinan dikembangkan pasar ekspor ke Afrika, Timur tengah, dan Amerika Selatan.

Pabrik baru Mitsubishi di Cikarang berkapasitas produksi 160.000 unit, yang mana XM model akan diproduksi sebanyak 80.000 unit. Dari jumlah itu, sebanyak 60.000 unit dialokasikan untuk pasar Indonesia, sisanya 20.000 untuk pasar ekspor.

Baca juga:
[Video] CEO Mitsubishi bocorkan penampakan XM Concept, keren!
Ada proyek mobil XM, bisnis model Mitsubishi Indonesia berubah total
Menantikan debut Mitsubishi XM Concept Crossover SUV di GIIAS 2016
Potensi masih besar, KTB tambah dealer Mitsubishi di Bekasi Barat
Kini, Mitsubishi New Mirage resmi hadir di Indonesia
Mitsubishi pamerkan mobil konsep 'garang' di GIIAS 2016

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT