Mobil Konsep Daihatsu HY-Fun di GIIAS, Bisa Main Game VR di Dalamnya

OTOMOTIF | 24 Juli 2019 19:09 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mobil konsep MPV Daihatsu HY-Fun melakukan debut dunia (world premiere) di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD City, Tangerang, yang berlangsung hingga Minggu (28/7).

Mobil konsep MPV masa depan ala Daihatsu ini hadir dengan kapasitas 6 penumpang, yang mengusung konsep modern dan terkinian, serta dilengkapi beragam fitur canggih. Mobil konsep ini didesain untuk menunjang aktivitas generasi milenial dan keluarga.

Mobil yang mengusung konsep Smart Entertainment MPV ini dilengkapi mesin berteknologi hybrid.

Eksterior

Bodi HY-Fun memiliki desain aerodinamis, sehingga terlihat agresif dan sporty. Dibalut warna silver metalik dan desain gril yang dapat menyala berwarna biru muda, memberikan kesan high tech. HY-Fun semakin terlihat gagah dengan disematkan pelek 20 inci.

Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan HY-Fun memiliki fitur advanced, antara lain tidak memiliki pilar B dan bisa melakukan servis kendaraan secara online.

"Di bagian pintu, kendaraan konsep ini dibekali Side Door Closing Motion baik pada sisi pintu baris pertama maupun kedua, sehingga memberikan akses masuk ke kabin yang lebih luas. Meski didesain tanpa handle, pintu dapat dibuka melalui sensor mobil yang akan membaca gesture tertentu pada tubuh tanpa harus menyentuh mobil ini. Ada pula fitur Face Recognition untuk membuka atau mengunci pintu mobil ini sehingga lebih aman," ujar Soni yang dijumpai di booth Daihatsu GIIAS, kemarin.

Interior

Dalam kabinnya ada ambience lamp guna memberikan nuansa hi-tech. Pada baris pertama, desain kursi mobil ini dapat diputar sampai menghadap belakang (baris kedua), sehingga mempermudah pengemudi dan penumpang di sebelahnya untuk masuk-keluar kendaraan dan komunikasi antarpenumpang di dalam.

©2019 Merdeka.com

Dengan menggunakan platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA), HY-Fun sudah full connected sehingga memungkinkan pengguna menyalakan atau mematikan mesin, pendingan (AC), dan membuka jendela melalui smartphone pengguna tanpa harus masuk ke dalam mobil. Pengguna juga dapat memonitor lokasi tepat mobil ini melalui perangkat mobile, serta terkoneksi dengan seluruh jaringan outlet Daihatsu sehingga lebih aman dan nyaman.

"Daihatsu menampilkan HY-Fun sebagai world premiere concept car berbasis DNGA dengan beragam fitur canggih yang full connected dan serba terintegrasi. Mobil ini cocok bagi generasi dan keluarga milenial yang erat terhubung dengan device dan teknologi. Kami berharap mobil ini dapat menjadi inspirasi dan salah satu pilihan terbaik untuk masyarakat Indonesia di masa mendatang," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director ADM.

HY-Fun juga mendukung fitur full entertainment yang dapat terintegrasi dengan device pengguna. Seperti untuk mendengar lagu dan bermain games yang didukung empat unit Virtual Reality (VR) yang dipasang pada baris pertama dan kedua. Kemudian ada fitur voice command dan New Smart Assist, untuk memberikan kemudahan dan keamanan pengguna dalam menggunakan mobil ini sehari-hari.

Soni Satriya mengatakan HY-Fun masih mobil konsep sehingga realisasi menjadi mobil produksi massal tergantung kebutuhan konsumen Indonesia ke depan.

"HY-Fun memang dibuat di Jepang, tapi berdasarkan masukan dari engineering Indonesia," pungkas dia.

(mdk/sya)