Demi Jimny, Suzuki survei pasar dan mimpi bisa produksi di Indonesia

OTOMOTIF | 3 Agustus 2018 12:01 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Suzuki Indonesia memajang mobil SUV legendaris Suzuki Jimny di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, yang dibuka oleh Presiden Jokowi, kemarin (2/8).

Mobil yang berkemampuan off-road dan memiliki nama harum di Indonesia ini menjadi salah satu daya tarik booth Suzuki di pameran ini. Apakah pengunjung atau fans Suzuki Jimny bisa melakukan pre-order di bootth Suzuki?

Sayangnya, tidak. Seiji Itayama, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), buru-buru mengatakan Suzuki Jimny sengaja dipamerkan untuk menarik perhatian, sekaligus melakukan survei kepada konsumen otomotif yang datang ke GIIAS.

"Kami ingin mendengar pendapat dan masukan konsumen Indonesia, jika Jimny masuk ke Indonesia. Misalnya soal harga jualnya, produksinya, dan lain-lain. Tujuannya supaya kami bisa fix-kan soal Jimny di sini (Indonesia)," ungkap Itayama-san yang ditemui usai pembukaan GIIAS, kemarin.

Soebronto Laras, Presiden Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor, menambahkan secara konsep Suzuki Jimny cocok dengan konsumen era milenial sehingga model ini bisa menjadi salah satu pilihan konsumen zaman sekarang. Apalagi ketika infrastruktur di Indonesia semakin baik, sehingga mobil ini bisa dipakai di seluruh pelosok Indonesia.

Satu hal pasti, kata Subronto, Suzuki Indonesia ingin sekali bisa memproduksi Jimny di pabrik baru Suzuki, di Bekasi, Jawa Barat. Apalagi tipe mesinnya sama yang digunakan oleh All New Ertiga, sehingga secara bisnis sangat menguntungkan bagi kami.

"Impian kami bisa produksi Jimny di Indonesia, sebab pasarnya ada di sini. Jimny 4x4 pernah sukses di Indonesia, akan kami kembalikan lagi (kesuksesan)," ungkap Subronto.

suzuki jimny tampil di giias 2018 ©2018 Merdeka.com

All New Suzuki Jimny sudah diluncurkan di Jepang pada Juli lalu. Mobil SUV legendaris ala Suzuki ini ditawarkan dalam dua varian, yakni Jimny dan Jimny Sierra. Jimny Sierra khusus untuk pasar di luar Jepang dengan menggunakan mesin 1.500 cc K15B dan diberikan dua varian, yakni JC dan JL.

Menurut laman Suzuki Jepang, All New Jimny Sierra JC transmisi manual dibanderol 1,99 juta yen. Untuk model transmisi otomatis 2 juta yen. Model terendah, Jimny Sierra JL transmisi manual, dijual 1,76 juta yen, dengan versi transmisi otomatis 1,85 juta yen.

(mdk/sya)