Detail Lengkap Spesifikasi dan Fitur All New Kia Seltos di Indonesia

OTOMOTIF | 20 Januari 2020 14:05 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pabrikan mobil Kia kembali ke Indonesia lewat agen pemegang merek, PT Kreta Indo Artha (KIA), anak usaha Indomobil Group.

Di Jakarta, hari ini (20/1), PT KIA meluncurkan All-New Kia Seltos. Mobil sport utility vehicle (SUV) kompak ini ditawarkan dengan tiga varian, yakni E, EX, dan EX+, masing-masing harga jualnya Rp 295 juta (varian E), Rp 320 juta (EX), dan Rp 355 juta (EX+).

Sekilas All New Kia Seltos memiliki penampilan eksterior sangat menarik. Karakter SUV sangat terasa dengan gril 'hidung harimau' sebagai identitas utama. Kali ini menampilkan pola baru dengan menyatukan grill besar dengan headlamp berteknologi LED plus fitur Auto Light.

Berikut selengkapnya desain, speksifikasi, dan fitur All New Kia Seltos di Indonesia yang ditawarkan dengan enam warna Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange:

1. Diimpor dari India, untuk pasar Indonesia, All-New Kia Seltos mengusung mesin Kappa 4-silinder 1,4-liter turbocharger. Tenaga maksimumnya mencapai 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm di 1.500-3.200 rpm.

2. Sistem penggeraknya menggunakan roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed. Sebuah transmisi yang mampu mengolah seluruh daya secara maksimal. Akselerasinya responsif dan efisien dalam bahan bakar.

3. Yang menarik, All-New Kia Seltos dilengkapi enam sistem pengendaraan atayu drive mode select. Pengemudi dapat mengadaptasikan mobil sesuai gaya berkendara, kebutuhan dan kondisi jalan, yakni mode Normal, Eco, Sport, Mud, Snow, dan Sand. Selain itu, fitur cruise control juga tersedia untuk varian tertinggi (EX Plus).

1 dari 3 halaman

Desain Eksterior Agresif-Futurustik

2020 Merdeka.com/kia

1. Bemper depan dirancang agresif dengan kesan futuristik dari lampu kabut LED berbentuk ice cube. Skid plate depan dan belakang memperkuat unsur sporty. Ada juga cladding hitam di sekeliling bodi yang menggambarkan sifat kuat SUV. Coretan garis tegas tampak menghias bagian belakang.

2. Taillight LED dengan ornamen futuristik, menghasilkan pencahayaan yang menarik perhatian. Lubang knalpot ganda sebagai penggambaran performa yang dihasilkan jantung mekanis, melengkapi tampilan eksklusif khas Kia. Seltos tampak penuh gaya, ekspresif dan modern. Cita rasa SUV-nya melekat kuat, tapi dikemas dalam tubuh kompak yang tampak atletis.

3. Ground clearance-nya mencapai 183 milimeter untuk mendukung konsumen yang berjiwa petualang. Area samping kian kekar lewat pemakaian roda berukuran 215/60 R17 untuk varian EX Plus dan EX, serta 205/65 R16 varian E. Di atap terpasang sunroof yang dapat dibuka secara elektrik.

2 dari 3 halaman

Interior Berkelas

2020 Merdeka.com

1. Eksterior menarik turut menjalar ke kabin dengan gaya minimalis dan modern. Kemewahan didapat melalui material bermutu tinggi dan detail hingga bagian terkecil.

2. Desain dashboard asimetris yang dirancang fokus pada pengemudi. Sentuhan high-tech tampak nyata lewat monitor infotainment dan panel instrumen. Meter cluster Supervision berupa monitor ukuran 7 inci yang berisi ragam informasi kendaraan.

3. Pusat sarana hiburan dan komunikasi terpampang jelas di bagian tengah. Monitor LCD ukuran 8 inci. Selain Bluetooth voice recognition, headunit All-New Kia Seltos sudah dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir.

4. Kabin All-New Kia Seltos memiliki USB slot dan power outlet 12V, tapi juga ada wireless charging untuk mengisi daya smartphone. Pengaturan Auto Climate memastikan suhu kabin terjaga sesuai keinginan. Udara dingin cepat tersebar rata lewat ventilasi AC belakang.

3 dari 3 halaman

Fitur Keselamatan dan Keamanan

2020 Merdeka.com

1. Enam titik airbag siap menjaga semua penumpang di dalam bila terjadi benturan. Terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping, dan airbag tirai.

2. Sistem Vehicle Stability Management Kia memastikan laju mobil selalu aman. Termasuk Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian.

3. Fitur lain yang tak kalah penting adalah Anti-lock Braking System (ABS), Brake-force Assist (BA), Traction Control System (TCS) dan empat titik sensor parkir.

(mdk/sya)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.