Dibikin di Karawang, Toyota Sienta punya 80 persen komponen lokal

OTOMOTIF | 7 April 2016 15:48 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Toyota Sienta yang baru diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 hari ini, Kamis (7/4), ternyata memiliki tingkat kandungan dalam negeri cukup besar, yakni hingga 70 persen. Rencananya Sienta akan diproduksi di pabrik baru, TMMIN Karawang Plant 3. Indonesia menjadi Negara pertama di luar Jepang yang menjadi basis produksi.

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengaku Sienta memiliki komponen lokal tinggi, karena komponen utama mobil model multi activity vehicle sudah diproduksi di Indonesia, seperti mesin, bodi, dan interior.

"Sementara komponen impor Sienta adalah komponen engine control unit (ECU), transmisi, dan fitur elektronik," ujar Warih usai press conference Sienta di IIMS hari ini.

Kata Warih, proses produksi Sienta di Indonesia melibatkan sekitar 130 perusahaan vendor komponen mobil. Sebagai pabrikan, TMMIN siap memproduksi Sienta, karena saat ini kapasitas produksi pabriknya mencapai 120 ribu unit per tahun.

"Saat ini kami akan melakukan persiapan besar-besar supaya bias memenuhi target on time delivery ke konsumen di Juli tahun ini," kata dia.

Konsumen yang berminat membeli Siienta bisa memesan pada Mei dengan perkiraan dikirim pada Juli.

Sienta memiliki 4 varian di Indonesia, yakni E, G, V, dan Q dengan harga mulai Rp 230 juta-Rp295 juta. (on the road Jakarta). Memiliki desain modern, Sienta menawarkan fitur-fitur andalan seperti power sliding door, dive in seat, dan transmisi CVT.

Baca juga:
Diperkenalkan di IIMS, Toyota jual seri Sienta mulai Rp 230 juta
Toyota Sienta lebih panjang dari Honda Freed
Toyota belum buka pesanan MPV Sienta
Nasmoco: Pasar Toyota lebih bagus di 2016 karena Sienta

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT