Disukai Konsumen, All New Suzuki Ertiga Hybrid Raih Pesanan 70 Persen

Disukai Konsumen, All New Suzuki Ertiga Hybrid Raih Pesanan 70 Persen
All New Suzuki Ertiga Hybrid di Surabaya. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 21 Juni 2022 07:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - All New Ertiga Hybrid tampil mengejutkan di pasar otomotif Indonesia pada bulan ini. Diluncurkan pada 10 Juni lalu, kendaraan hybrid pertama di segmen Low MPV Indonesia menarik konsumen yang kian sensitif terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan sejak 10 Juni lalu, All New Ertiga Hybrid sudah diluncurkan di 30 kota dari rencana 36 kota besar per Ahad (19/6). Unit test drive juga sudah didistribusikan ke diler-diler Suzuki di seluruh Indonesia sejak April.

"Sejak 10 Juni hingga 15 Juni, jumlah pemesanan All New Ertiga Hybrid mencapai 914 surat pemesanan kendaraan (SPK). Jumlahnya mencapai 70 persen dari total SPK Suzuki Ertiga yang masuk," kata Donny di sela media test drive All New Ertiga di Surabaya, kemarin (20/6).

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan (MT) dan otomatis 4-percepatan (AT). Harga jualnya di Jakarta per Juni (on the road) adalah:

All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp 292,3 juta
All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp 281,3 juta
All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp 281,3 juta
All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp 270,3 juta

Selain Ertiga Hybrid, kata Donny, Suzuki Indonesia masih menjual tipe lama yang non-hybrid (tipe GA dan GL). Sebab permintaannya juga masih ada.

"Tipe GA dan GL kami sasar untuk konsumen entry level. Tipe GL sering dibeli konsumen entry level atau pembeli mobil pertama. Sementara tipe GA sering dibeli oleh koporasi atau fleer," jelasnya.

Diproduksi sejak April, saat ini jumlah unit Ertiga Hybrid yang didistribusikan ke diler-diler mencapai 1.500-2.000 unit.

Sebagian sudah dikirimkan kepada para pemesan atau konsumennya. Mayoritas konsumen tinggal di Pulau Jawa dan Bali.

2 dari 2 halaman

Benefit Banyak Smart Hybrid

all new suzuki ertiga hybrid di surabaya
©2022 Merdeka.com

Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan teknologi elektrifikasi bernama Suzuki Smart Hybrid.

Teknologi Suzuki Smart Hybrid adalah teknologi untuk mengoptimalkan efisiensi kendaraan dengan mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal atau internal combustion engine (ICE). Dua komponen tersebut adalah Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery.

Ertiga Hybrid menggunakan mesin ICE bensin K15B, yang menghasilkan daya 104,7 ps pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Seperti kendaraan berteknologi hybrid lainnya, Suzuki Smart Hybrid menawarkan beberapa keuntungan bagi pengendara:

1. Penggunaan ISG membuat kendaraan lebih hemat bahan bakar. Sebab saat berhenti atau mesin mati, baterai akan bekerja untuk menggerakkan roda. Kemudian saat mobil akselerasi, baterai yang membantu menambahkan tenaga ke mesin. Dan saat restart, ISG lah yang berputar untuk menyalakan mesin.

2. Biaya operasional Suzuki Smart Hybrid relatif lebih murah karena konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih efisien.

3. Nyaman digunakan saat berkendara di kondisi jalan macet, karena saat macet, pengereman dan pergerakan mesin mobil akan berubah menjadi energi listrik yang tersimpan di dalam baterai, sehingga baterai juga lebih awet. ISG berfungsi mengubah energi kinetik menjadi energi listrik, yang akan disimpan dalam Lithium-Ion Battery.

4. Mobil dengan teknologi Hybrid menjadi mobil ramah lingkungan karena mengurangi polusi udara yang terus meningkat dan tentu rendah emisi gas buang.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini