Eksteriornya Baru, Penjualan Grand New Daihatsu Xenia Masih Tertahan di Mei

OTOMOTIF | 25 Juni 2019 15:13 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Penjualan ritel mobil Daihatsu per Mei tahun ini naik 32 persen menjadi 17.486 unit dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini tidak lepas dari tingginya permintaan masyarakat saat menjelang libur hari raya Lebaran lalu.

Kenaikan tersebut membuat pangsa pasar Daihatsu pada Mei lalu meningkat menjadi 18,6 persen. Sementara pasar otomotif secara keseluruhan, penjualan ritel khusus di Mei sekitar 93 ribu unit, naik sekitar 16 persen dibandingkan bulan April lalu.

Dalam rilisnya pada Merdeka.com, Selasa (25/6), penjualan ritel Daihatsu masih didominasi oleh model LCGC Sigra dengan volume 6.163 unit atau berkontribusi 35 persen. Diikuti oleh Ayla 2.540 unit (15 persen), dan Xenia 2.533 unit (14 persen).

Peluncuran Grand New Xenia pada Januari ternyata belum mampu mendongkrak penjualan ritel mobil keluarga bergelar mobil sejuta umat ini (bersama Toyota Avanza). Karena kini Xenia konsisten hanya kontributor ketiga bagi Daihatsu. Padahal sebelum ada Sigra, Xenia merupakan kontributor pertama.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada sahabat Daihatsu yang memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka. Kami bersyukur karena Daihatsu masih dapat mempertahankan posisi nomor dua di pasar otomotif nasional dengan mencapai pangsa pasar 18,6 persen pada Mei lalu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sementara itu, model lain Daihatsu seperti GranMax Pick up (PU) mencatat penjualan sebesar 2.512 unit (14 persen) pada Mei lalu. Dan low SUV, All New Terios, mencatat 1.846 unit (11 persen).

(mdk/sya)