Faktor X Ini Bikin New Mitsubishi Xpander Tetap Pukau Pasar, meski Tanpa Diskon Pajak

Faktor X Ini Bikin New Mitsubishi Xpander Tetap Pukau Pasar, meski Tanpa Diskon Pajak
New Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross 2022. ©2021 Merdeka.com
OTOMOTIF | 30 Januari 2022 19:15 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Industri otomotif nasional tahun ini dalam tahap pemulihan alias reborn, setelah babak belur pada 2020 akibat terdampak pandemi Covid-19. Pemulihan itu tampak dari kenaikan penjualan hampir 50 persen menjadi 863.348 unit pada tahun lalu.

Diketahui banyak orang, meroketnya penjualan tahun lalu berkat kebijakan pemerintah berupa diskon pajak penjualan atas barang meeah (PPnBM) 100 persen bagi mobil yang diproduksi di dalam negeri dengan local purchase 60 persen dan berkapasitas mesin hingga 1.500 cc.

Nah, tahun ini kebijakan diskon pajak ini dilanjutkan kembali. Tapi ada modifikasi sedikit. Yang mendapat diskon pajak 100 persen hanya model low cost and green car (LCGC) yang berlaku hingga Maret 2022. Sedangkan non-LCGC yang dapat diskon adalah mobil dengan harga di bawah Rp 250 juta. Jumlah diskonnya jugadikurangi, hanya 50 persen.

Skema baru tersebut menyebabkan New Mitsubishi Xpander dipastikan tidak mendapat diskon pajak sebesar 50 persen tersebut. Sebab harga jualmobil yang dirilis November tahun lalu itu sudah di atas Rp 250 juta. Padahal tahun lalu Xpander masuk kelompok kendaraan yang dapat diskon pajak 100 persen.

Menurut laman resmi Mitsubishi Motors Indonesia, New Xpander hanya menyisakan satu varian (terbawah), yakni GLS MT, yang harganya kurang dari Rp 250 juta, tepatnya Rp 249,9 juta. Total New Xpander memiliki 7 varian, dengan varian tertingginya, Ultimtate CVT, seharga Rp 299,7 juta.

Meski mayoritas alias enam varian New Xpander tidak mendapat diskon pajak 50 persen, mobil MPV andalan Mitsubishi Motors Indonesia ini tetap memiliki potensi pasar yang besar di segmen Low MPV.

Pasalnya, Xpander lah yang mengubah lanskap mobil Low MPV di Indonesia lewat desainnya yang futuristik. Keunggulan desain eksteriornya nan futuristik hingga kini mampu memenuhi dahaga dan rasa jenuh konsumen Low MPV di Tanah Air.

Alhasil, Xpander meningkatkan level segmen mobil keluarga Indonesia dengan mobil keluarga yang sporty dan berkesan tangguh layaknya SUV. Sehingga mobil ini begitu melekat di benak konsumen otomotif Indonesia hingga hari ini. Buktinya, penjualannya tetap tinggi sejak debut global di pameran GIIAS 2017.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan Mitsubishi Xpander selama 4 tahun sejak September 2017 sampai September 2021 mencapai lebih 215.000 unit.

Bahkan pada Desember 2021, penjualannya masih tinggi, yakni 7.581 unit atau meraih pangsa pasar 34 persen di segmen Low MPV.

Ibu Laela (47), pemilik Xpander Sport warna abu-abu produksi 2018, mengaku masih suka takjub dengan mobil yang digunakan sehari-hari untuk mobilitasnya sebagai notaris ini.

"Saya masih sering terkejut dengan performanya, apalagi saat untuk keperluan liburan bersama keluarga," kata ibu dua anak ini pada Merdeka.com.

Tetsuro Tsuchida, Director Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengakui meski tak lagi dapat diskon pajak pada tahun ini, New Xpander tetap punya daya tarik di segmen mobil keluarga Indonesia.

Masih ada banyak faktor, sebut saja faktor X, yang membuat konsumen Indonsia tetap tertarik dengan New Mitsubishi Xpander. Faktor-faktor X itu, antara lain desainnya yang lebih keren dan futuristis, suspensi baru yang jauh lebih nyaman, fitur hiburan yang lebih baik, dan total cost wwnership yang lebih murah, serta harga jual kembali yang lebih tinggi.

Kami percaya New Xpander punya value for money tinggi, karena harganya sesuai dengan nilai yang didapatkan. Kami selaku sajikan produk terbaik buat konsumen.

"Kompetitor memang harganya lebih murah dari Xpander, tapi fitur-fiturnya berbeda. Kami selalu melakukan penelitian dan segmentasi produk setiap merilis produk. New Xpander ini produk yang sangat matang, sehingga konsumen mendapat kendaraan yang memenuhi harapan mereka. Xpander baru dengan fitur-fitur terbaik di kelasnya, dengan dukungan layanan purnajual dan resale value yang terbaik," ujar Tsuchida-san, baru-baru ini.

2 dari 2 halaman

Generasi Baru Crossover MPV

peluncuran new mitsubishi xpander di giias 2021
©2021 Merdeka.com

New Xpander dan Xpander Cross diperkenalkan sebagai ”New Generation Crossover MPV” di pasar Indonesia pada awal November tahun lalu.

Membawa moto anyar: "Be The Life Xpander", Mitsubishi Motors Indonesia selalu ingin menjadi trend setter di segmen mobil Low MPV. Tak heran model baru ini memiliki banyak desain baru dan tambahan fitur.

Fitur baru unggulannya adalah penyematan transmisi otomatis CVT, menggantikan transmisi otomatis konvensional. Selain lampu utama yang dibuat futuristik, sekaligus jawaban dari  problem penerangan Xpander model lawas.

Selain lampu utama, desain lampu belakangnya juga baru LED, dengan akses bold. Desain ini supaya selaras dengan tampilan mukanya yang semakin keren.

Interiornya juga tampak makin wah dan elegan dengan tingkat kenyamanan berkendara lebih baik. Sisi ini memiiki banyak ubahan, antara lain New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, New Digital AC Panel, New 8 inch Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA), New Design Meter Cluster with Opening Animation, New Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, dan New Rear AC Garnish.

Yang paling menarik, New Xpander ini kini memiliki transmisi CVT untuk berkendara lebih baik dan nyaman. Transmisi CVT ini semakin memenuhi kebutuhan keluarga modern di Indonesia mengenai performa kendaraan sekaligus efisiensi bahan bakar.

Itulah modal besar Xpander di pasar mobil keluarga Indonesia terkini, yang sulit diimbangi oleh kompetitornya.  

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami