Hasil GIIAS 2019: Mobil Sejuta Umat, Avanza, Paling Laku di Toyota

OTOMOTIF | 29 Juli 2019 16:58 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Toyota Indonesia mencatat penjualan sebanyak 6.218 unit selama 11 pameran GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang, yang berakhir kemarin malam (28/7).

Mobil sejuta umat, Avanza, masih menjadi penyumbang terbesar dengan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) 1.310 unit. Ditempat kedua adalah model Kijang Innova sebanyak 1.091 SPK, Rush 1.046, Calya 1.022, dan Fortuner 618.

"Itulah lima besar model kendaraan Toyota selama pameran GIIAS tahun ini," ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyoata Astra Motor dalam keterangan resminya, Senin (29/7).

Menurutnya, jumlah SPK di GIIAS tahun ini naik sekitar 2 persen dibandingkan jumlah SPK di GIIAS tahun lalu. Hal ini terjadi karena ajang GIIAS menjadi menarik akibat bertepatan dengan mencairnya kondisi-kondisi negatif yang terjadi pasca-perang dingin Amerika Serikat-China dan pemilihan presiden tahun ini.

"Avanza dan Kijang Innova masih mendominasi pencapaian perolehan pesanan selama GIIAS. Hal ini membuktikan bahwa pasar otomotif Indonesia masih didominasi oleh kendaraan passenger, Multi Purpose Vehicle (MPV), 7 seaters. Akhirnya, mudah-mudahan pencapaian ini bisa menjadi cermin pertumbuhan positif pasar otomotif Indonesia ke depannya," pungkas dia.

(mdk/sya)