Heboh New Toyota Avanza, Ini Tanggapan Resmi Toyota-Astra Motor
OTOMOTIF | 3 Januari 2019 10:42 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Sejak kemarin (2/1), jagat dunia maya dan komunitas otomotif Indonesia heboh dengan foto-foto Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia produksi 2019. Sebelumnya memang santer kabar bahwa mobil kembar di segmen low MPV ini bakal tampil lebih segar dan berani demi menghadapi para pesaing baru, seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Dari foto yang diterima Merdeka.com, tampak jelas wajah depan dan belakangAvanza 2019 dengan logo Toyota dan emblem Avanza di buritan. Begitu juga dengan Xenia. Tampak foto Avanza berwarna abu-abu. Jika dilihat dari latar lokasinya, kentara sekali foto mobil sejuta umat anyar itu diambil di fasilitas perakitannya di Karawang, Jawa Barat.

Kesan pertama, desain depan Avanza baru lebih 'tajam' mirip premiun MPV Toyota Vellfire atau Alphard, dengan desain gril besar ke bawah. Ini sesuai dengan konsep desain Toyota yang fokus di bodi bagian bawah: "Under Priority".

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2019 2019 Merdeka.com

Yang agak miris, desain belakang, yang minim kreativitas. Karena tidak ada perubahan signifikan.

Bagaimana tanggapan PT Toyota-Astra Motor (TAM)?

Rouli Sijabat, Manajer Public Relation TAM, hanya berkomentar singkat, nantikan dalam waktu dekat. Hal ini biasa bila satu produk belum resmi dirilis ke publik.

Sebagai bagian dari apresiasi Avanza terhadap penerimaan pasar selama 15 tahun kehadirannya di Indonesia, akan segera meluncur Avanza baru dengan penyegaran sesuai dengan feedback dari pecintanya," ujar Rouli pada Merdeka.com, lewat aplikasi chat, Kamis (3/1).

Perlu diketahui, Toyota Avanza bersama model kembarnya, Daihatsu Xenia, bermain di segmen low MPV dengan varian mesin 1.300 cc dan 1.500. Dipasarkan kali pertama di Indonesia pada 2004, duo mobil kembar ini langsung melejit di pasar mobil nasional, sekaligus membawa segmen low MPV menjadi segmen mobil terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 35 persen.

Dengan rata-rata total penjualan saat ini 8.000-9.000 unit per bulan, tak heran jika keduanya diberi label "Mobil Sejuta Umat" karena saking larisnya.

Namun, sejak 2013, Avanza-Xenia mendapat pesaing baru dan makin banyak saat ini. Sebut saja Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero (pabrikan asal China).

(mdk/sya)