Honda Pamerkan Prototipe Mobil Off-Road Otonom dan Robot di CES 2019

OTOMOTIF | 3 Januari 2019 10:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Ajang Consumer Technology Association (CES) 2019 akan digelar mulai 819 Januari mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat. Pabrikan otomotif Honda kembali menampilkan rangkaian teknologi terbaru, yang terdiri dari alat mobilitas, robot, alat penghasil listrik, dan konsep lainnya.

Teknologi tersebut dirancang untuk mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih, aman dan nyaman. Pada kesempatan tersebut, Honda akan mendemonstrasikan layanan terkoneksi dalam kabin pada All New Honda Passport 2019. Serta menyuguhkan sebuah uji tabrak off-road pada Honda Autonomous Work Vehicle, sebuah kategori kendaraan baru yang dirancang oleh para insinyur Honda.

Honda Innovations sebagai bagian dari Honda R&D akan melakukan debut pertamanya dengan berkolaborasi bersama perusahaan lainnya melalui program Honda Developer Studio dan Honda Xcelerator.

Honda tengah mencari mitra baru untuk bekerja sama membangun dan melakukan pengetesan pada teknologi terbaru kami. Ajang CES sebagai market place untuk pasar B2B merupakan tempat yang cocok untuk kami menemukan mitra yang tepat," ucap Nick Sugimoto, CEO Honda Innovations, dalam rilisnya pada Merdeka.com.

Honda akan menampilkan prototipe teknologi dan konsep di CES 2019, antara lain:

1. Honda Autonomous Work Vehicle
Honda akan menggelar uji tabrak untuk Honda Autonomous Work Vehicle, sebuah prototipe kendaraan off-road yang mengkombinasikan mobil berjenis All-Terrain Vehicle (ATV) dengan teknologi otonom. Teknologi ini didesain oleh Honda R&D Amerika untuk meningkatkan efisiensi di beberapa sektor, yakni konstruksi, agrikultur, pencarian dan penyelamatan, serta pemadam kebakaran.

Mobil ini menggunakan sasis ATV yang cocok digunakan saat menjelajah ke medan yang sulit dilalui, dengan didukung penggerak Four Wheel Drive (4WD) serta dibantu teknologi GPS dan sensor. Sebelumnya, kendaraan ini pernah ditampilkan di CES 2018 dengan nama 3E-D18, dan kini melalui serangkaian tes di berbagai medan.

Honda pamer produk dan teknologi anyar di CES 2019 2019 Merdeka.com

2. Robotika: Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

Honda membangun beragam teknologi robot untuk mewujudkan visi yang mana robot dapat membantu aktivitas manusia di masa depan. Oleh karena itu, Honda menciptakan Honda P.A.T.H (Predicting Action of the Human) Bot sebagai robot yang dapat bermanuver dengan lincah di tempat umum.

Dilengkapi dengan kecerdasan buatan, Honda P.A.T.H Bot menggunakan kamera on-board dan sensor untuk mengidentifikasi lokasi serta lingkungan di sekitarnya, sehingga dapat melakukan pergerakan tanpa menabrak objek lain sekaligus menentukan rute yang paling optimal.

Untuk mendukung pengembangan robot, Honda juga memperkenalkan platform Honda RaaS (Robotics as a Service) sebagai sebuah software yang mendukung penyimpanan maupun pembagian data, kontrol komunikasi dan koordinasi dengan robot lainnya melalui interface API2 dan SDK3.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT