Honda Vario Techno Fi Jadi Motor Bekas Terlaris 2017

Honda Vario Techno Fi Jadi Motor Bekas Terlaris 2017
OTOMOTIF | 3 Januari 2018 14:50 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Honda Vario Techno Fi produksi 2016 menjadi motor bekas terlaris sepanjang 2017, berdasarkan hasil penjualan motor bekas dari para pelaku industri motor bekas yang dikumpulkan oleh tim Litbang Carmudi.co.id. Honda Vario seken itu memiliki pangsa pasar 17 persen.

Berada di peringkat kedua adalah Yamaha Mio Z tahun 2016. Disusul Honda Supra X 125 Fi, dan Honda Beat Fi 2016 yang masuk dalam kelompok empat besar sepeda motor bekas terlaris sepanjangan tahun lalu.

Dalam rilisnya pada Merdeka.com, Rabu (3/1), Nimash Stefan Kirihettighe, Managing Director Carmudi, menjelaskan pangsa pasar motor bekas memiliki karakteristik berbeda dengan mobil bekas. Biasanya tren penjualannya berbeda dengan motor baru, baik model maupun mereknya.

motor bekas paling laku 2017

Motor Bekas Paling Laku 2017 ©2018 Merdeka.com

"Bisa saja jika penjualan motor baru merek Honda menguasai, di segmen motor bekas justru merek lain yang dominan,” jelasnya.

Sementara, menurut salah satu pedagang motor bekas di kawasan Jakarta Timur, memang untuk merek motor bekas Honda Vario, BeAT, dan Scoopy dari tahun muda sampai tahun tua masih banyak peminatnya.

“Pembelian motor bekas tahun ini biasa saja, tidak ada kenaikan atau penurunan signifikan masih stabil-stabil saja. Namun, akhir 2017 agak turun ya, mungkin faktor orang mau liburan panjang tahun baru. Ada juga yang mau beli motor nunggu tahun 2018, dengan harapan harga motor bekas turun,” kata Muhammad Mumu, pemilik diler motor bekas Gapura Motor.

Sementara, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) melaporkan penjualan sepeda motor baru 2017 mengalami penurunan sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Setidaknya jika dilihat dari periode Januari-November 2017. Tercatat secara kumulatif, distribusi penjualan 2017 turun tipis sebesar 0,42 persen menjadi 5,49 juta unit.

Data AISI tersebut juga menyebutkan bahwa untuk segmen motor baru, model seperti Honda BeAT, Scoopy, Vario, dan Yamaha NMax menjadi motor paling laku di pasaran. (mdk/idc)

Baca juga:
Datsun CROSS, jagoan baru Datsun Indonesia yang debut 18 Januari
Ada Toyota Kijang di Museum Angkut Nasional Batu
Daihatsu buka dua posko siaga di Puncak dan Cikampek
Berani, 120 rider Suzuki Satria F150 keliling pulau Sulawesi
Ini wujud keren New Honda Insight di North America Auto Show 2018
Mitsubishi resmikan diler dan fasilitas bodi-cat di Palangkaraya
Gandeng Shell, beli mobil di Mobil88 gratis servis setahun!

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami