Inden Tiga Bulan di Indonesia, Ini Konsep Global SUV All New Subaru Forester

Inden Tiga Bulan di Indonesia, Ini Konsep Global SUV All New Subaru Forester
Subaru Indonesia resmi pasarkan All New Forester.. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 18 Mei 2022 16:02 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Merek otomotif asal Jepang Subaru kembali ke pasar otomotif Indonesia. SUV All New Subaru Forester menjadi model pertama yang dipasarkan secara resmi di Tanah Air.

Dijual dengan dua varian, Subaru Forester 2.0i-L dibanderol Rp 579,5 juta (on-the-road Jakarta) dan Forester 2.0i-S EyeSight Rp 659,5 juta.

Garansi resminya berlaku 3 tahun/100.000 km, servis gratis 3 tahun/50.000 km, dan Subaru Roadside Assistance 3 tahun, layanan bantuan darurat 24/7 oleh Atlas Indonesia.

Arie Christopher Setiadharma, Chief Operating Officer Subaru Indonesia, mengatakan mulai hari ini All New Forester bisa dipesan dengan waktu distribusi pada Agustus atau tiga bulan masa tunggu (inden).

" Distribusinya mulai Agustus karena faktor pasokan semikonduktor yang dialami semua pabrikan otomotif. Pertimbangan lainnya, kami ingin konsumen tidak menunggu lama untuk proses perizinan pajak dan administrasinya," ujar Arie saat meluncurkan All New Forester di Plaza Subaru Alam Sutera, Tangerang, Rabu (18/5).

Arie menjelaskan distribusi ini juga terkait dengan kebijakan perseroan yang memilih untuk mengimpor secara utuh (CBU) All New Forester dari Jepang langsung, meski ada pilihan CBU dari Thailand.

"Kami mendapat keistimewaan dari Subaru Jepang untuk mendapat pasokan mobil dari Subaru Subaru Corporation Japan. Apalagi konsuemn tentu akan memilih model CBU jeoang dibanidngkan CBU Thailand berdasarkan pengetahuan kami," ucapnya.

Subaru Global Platform

All New Forester menggunakan Subaru Global Platform supaya memiliki “safety” satu tingkat lebih tinggi. Subaru Global Platform memungkinkan penyerapan benturan hingga 40 persen lebih baik, body roll berkurang hingga 50 persen, dan peningkatan rigiditas hingga 70 persen.

Semua ini untuk memberikan rasa aman, impresi berkendara dinamis, dan rasa nyaman kepada penumpang.

2 dari 2 halaman

Boxer Engine

subaru indonesia resmi pasarkan all new forester
©2022 Merdeka.com

All New Subaru Forester yang dipasarkan di Indonesia hanya ada satu pilihan mesin: Subaru FB20, Boxer Engine, 4-silinder, 2.0L Naturally Aspirated. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 156 ps di 6.000 rpm dan torsi hingga 196 Nm di 4.000 rpm. Mesin tersebut menggunakan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD untuk penyaluran tenaga yang halus dan merata di semua putaran dan kondisi jalan.

Perpindahan gigi juga dapat dilakukan secara manual melalui paddle shift pada lingkar setir. Kombinasi mesin dan transmisi ini tawarkan keseimbangan antara performa dan konsumsi bahan bakar.

"Mesin boxer adalah core business Subaru di dunia," ungkap Ismail Ashlan, Marketing Communications Manager Subaru Indonesia.

Subaru EyeSight

Subaru EyeSight adalah Advanced Safety Equipment yang telah dikembangkan lebih dari 30 tahun oleh Subaru dengan prinsip bantuan 2 mata tambahan untuk driver. Fitur Subaru EyeSight yang terpasang di Subaru Forester model year 2022 ini telah mendapat penyempurnaan paling mutakhir dan memasuki generasi ke-4. Fokus pengembangan teknologi ini adalah untuk memberikan enjoyment dan peace of mind dalam berkendara di kondisi apa pun.

Subaru Forester 2.0i-S EyeSight dilengkapi dengan beberapa fitur kunci Subaru EyeSight, seperti Adaptive Cruise Control yang dapat mengikuti kecepatan mobil di depan anda sesuai dengan input kecepatan maksimal, Pre-Collision Braking, dan Pre-Collision Throttle management untuk mengurangi potensi insiden. Terdapat juga Lead vehicle start alert yang membantu kita mengikuti mobil depan saat di lampu lalu lintas, Lane departure warning, Lane sway warming, serta Lane keep assist yang memastikan mobil dalam jalur yang benar dan Subaru Rear-vehicle detection (RSVD) yang mengurangi risiko di sisi blind spot.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini