Indonesia dan Singapura Lahirkan Tim Balap Antar Negara Pertama di Asia Tenggara

OTOMOTIF | 22 Maret 2019 22:51 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Tim balap T2 Motorsport, hari ini (22/03) secara resmi telah mengumumkan kembalinya mereka ke ajang balap bergengsi Blancpain GT World Challenge Asia 2019. Pada jumpa pers yang dilakukan di Papilion, Kemang, T2 Motorsport juga memperkenalkan line up mereka untuk tahun 2019 ini.

Tahun 2019 ini T2 Motorsport akan diperkuat oleh David Tjiptobiantoro dan mantan pembalap Formula 1 asal Indonesia yaitu Rio Haryanto. Di bawah komando tim principal, Irmawan Poedjoadi, T2 Motorsport tahun ini juga akan mengikuti ajang balapan Asian Le Mans Series 2019-2020.

T2 Motorsport sendiri merupakan satu-satunya tim balap antar negara di asia tenggara yang dibgentuk pada 2016 oleh David Tjiptobiantoro bersama dengan rekannya yang merupakan pembalap asal Singapura yaitu Gregory Theo.

Sebagai salah satu pemilik, David Tjipto mengatakan bahwa dibentuknya tim ini merupakan bentuk kecintaan dan dedikasinya terhadap dunia balap khususnya dunia balap tanah air. Dirinya juga berharap dengan keikutsertaan T2 Motorsports di berbagai ajang balap internasional dapat membawa nama Indonesia di kancah balap internasional dan memberikan prestasi bagi Indonesia.

Selain itu, David Tjipto juga mengatakan bahwa terbentuknya tim ini tidak terlepas dari obrolannya dengan Gregory Theo yang sama-sama ingin mengikuti balapan di luar Ferrari Challenge Asia.

“Saat itu kan saya masih balap di Ferrari, nah banyak yang menyarankan bahwa sudah waktunya untuk saya mengikuti balapan yang lebih kompetitif lagi diluar Ferrari Challenge. Akhirnya setelah saya pertimbangkan maka saya memutuskan untuk balapan di Blancpain GT Asia ini. Akhirnya saya patungan dengan Theo untuk membeli Ferrari 488 ini untuk diikutkan di balapan Blancpain,” ujar David Tjipto.

Pada awal berdirinya tahun 2016, T2 Motorsports mengikuti ajang balap Motul Sepang 12 Hours dengan menurunkan 2 pembalapnya yaitu David Tjipto dan juga Gregory Theo. Di ajang balap tersebut, T2 Motorsports berhasil meraih juara pertama.

Di 2017, T2 Motorsport resmi mengikuti ajang Blancpain GT Series Asia pada kategori AM Class. Di ajang balapan ini T2 Motorsports berhasil naik ke podium pada balapan yang berlangsung di Sepang, Suzuka, dan Fuji.

Sayangnya pada 2018, tim ini memutuskan untuk vakum dari ajang Blancpain GT Series Asia, dan hanya mengikuti TOTAL 24 Hours SPA di kategori AM Class. Pada balapan ketahanan tersebut, T2 Motorsports berhasil finish di urutan keempat.

Kini, memasuki musim 2019, T2 Motorsports mengumumkan bahwa mereka kembali ke ajang bergengsi Blancpain GT World Challenge Asia 2019 dan juga akan ikut ambil bagian di ajang Asian Le Mans Series 2019-2020.

T2 Motorsports sendiri menargetkan dapat menjadi juara umum di tahun 2019 ini agar mendapatkan peluang untuk ikut serta di ajang World Champions Le Mans 24 Hours. Untuk tahun ini, T2 Motorsports juga telah memastikan bahwa mereka akan menggunakan mobil Ferrari 488 GT3.

(kpl/ikb/crn)

TOPIK TERKAIT

Sumber: Otosia.com

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.