Ini Strategi Suzuki Ertiga Setiap Tahun demi Kompetitif di Pasar

OTOMOTIF | 30 Agustus 2019 19:54 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Menyadari larisnya All New Ertiga saat ini dan potensinya di masa depan, Suzuki Indonesia menyiapkan strategi agar mobil keluarga andalannya ini tetap laris di pasar otomotif nasional.

Donny Saputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan pihaknya menyiapkan sejumlah strategi penjualan agar All New Ertiga tetap memimpin pasar kendaraan model MPV. Sejak diluncurkan pada tahun lalu hingga kini, All New Suzuki Ertiga merupakan produk andalan untuk kendaraan penumpang di Indonesia, bahkan menjadi tulung punggung di segmen mobil penumpang Suzuki.

“Jadi, strateginya kami memastikan Ertiga memiliki model baru setiap tahun. Seperti tahun ini kami luncurkan All New Ertiga Sport di Maret lalu. Mesti ada penyegaran model untuk Suzuki Ertiga prinsipnya,” ujar Donny di sela acara All New Ertiga Tripventure di Cirebon, kemarin.

Menurut dia, pihaknya mengakui pasar Suzuki cukup tertekan di semester pertama tahun ini. Maka itu, di semester kedua ini pasar Suzuki bisa melaju lebih baik dari semester lalu dengan berbagai kegiatan seperti All New Ertiga Tripventure ke Cirebon ini.

Apalagi persaingan di segmen mobil keluarga ini semakin sengit dengan makin banyak pemain baru. Di segmen low MPV, Suzuki Ertiga bersaing dengan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Wuling Confero, dan sebagainya.

Berdasarkan data penjualan Gaikindo periode Januari-Juli tahun ini, volume penjualan mobil Suzuki mencapai 54.729 unit. Jumlah ini turun lebih dari 23 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencatat 71.433 unit. All New Ertiga berkontribusi hampir 28 persen, yakni 14.944 unit.

All New Ertiga merupakan kendaraan low multi-purpose vehicle (MPV) andalan Suzuki yang hadir sebagai pembaruan dari model sebelumnya. Kendaraan kebanggaan keluarga ini resmi diluncurkan pada 19 April tahun lalu di pameran Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

All New Suzuki Ertiga memiliki tujuh varian. Varian terendah adalah GA M/T, yang dibanderol Rp 196 juta (on the road Jakarta). Sedangkan varian tertinggi adalah SS A/T seharga Rp 251,5 juta.

(mdk/sya)