Interior Mirip Luxio, LCGC 7 Penumpang akan Dijual Rp 120 Jutaan

OTOMOTIF | 9 Juni 2016 15:50 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Beberapa pekan lalu publik dihebohkan berita penampakan mobil low cost green car (LCGC) berpenumpang 7 orang. Mobil kecil 7 penumpang itu katanya lanjutan pengembangan dari mobil LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yang dipasarkan sejak 2013. Kabarnya mobil ini dinamakan Cayla untuk besutan PT Toyota-Astra Motor. Untuk besutan Daihatsu belum ada info namanya.

Mobil LCGC tujuh penumpang tentu menarik konsumen otomotif di tanah air di tengah lesunya pasar sejak tahun lalu. Sebab konsumen Indonesia terkenal menyukai mobil dengan kapasitas 7 penumpang. Buktinya, mobil 7 penumpang yang banyak diakomodasi lewat model multipurpose vehicle (MPV) paling besar pasarnya di tanah air, sekitar 30% dari total pasar otomotif.

Menariknya, berapa harga jual mobil ini kelak?

Sumber Merdeka.com pernah mendapat gambar mobil LCGC 7 penumpang ini dalam satu kesempatan diskusi terbatas, beberapa waktu lalu. Pada satu sesi, pihak pabrikan asal Sunter itu menampilkan gambar eksterior dan interiornya, termasuk info soal mesin dan fitur-fiturnya. Desain eksteriornya itu memang mirip-mirip dengan gambar yang beredar di media online itu.

"Menariknya, disebutkan harga jual mobil LCGC 7 penumpang Rp 120 juta. Dengan beberapa opsi kenaikan harga, sesuai dengan penambahan fitur-fitur yang ditawarkan pabrikan," kata sumber tersebut kepada Merdeka.com.

Mobil 7 penumpang seharga Rp 120 juta on the road? Wah, sungguh harga yang menarik dan cukup terjangkau, terutama di entri level konsumen otomotif Indonesia. Apalagi harga tersebut lebih terjangkau dari mobil LCGC sejenis, tapi hanya berkapasitas 5 penumpang. Seperti Honda Brio Satya yang memiliki rentang harga Rp 129 juta - Rp 149 juta, atau Suzuki Karimun Wagon R dengan rentang harga Rp 102 juta- Rp 132 juta.

Interior Mirip Luxio

Yang belum banyak diketahui publik adalah desain interior LCGC 7 penumpang itu. Menurut sumber itu, desain dashboard-nya agak mirip dengan desain mobil Daihatsu, tepatnya Luxio. Mengapa? Karena tuas transmisinya berada di tengah atas dashboard, bukan di bawah, ya laksana transmisi Luxio.

interior Luxio ©2016 Merdeka.com

Dengan desain dashboard mirip Daihatsu Luxio, bisa dipastikan produksi Cayla itu akan dilakukan di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor. Model ini sama persis seperti produksi mobil kembar Toyota Avanza-dahatsu Xenia dan Toyota Rush-Daihatsu Terios. Soalnya Daihatsu dikenal jagonya produksi mobil kompak.

Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, tidak bersedia menjawab saat ditanya soal harga jual dan produksi LCGC 7 penumpang. "No comment," tegasnya. Pihak Toyota Astra Motor juga setali tiga uang.

Baca juga:
Reputasi terbaik, Toyota Astra Motor cetak rekor 7 kali berturut
Toyota C-HR masuk pasar mulai bulan Desember
Pemenang Ultimate Adrenaline bertualang bareng brand ambassador Rush
Jelajah Merdeka sukses lewati tiga provinsi berkat Grand New Veloz
Toyota dan Uber jalin kerjasama yang menguntungkan pelanggan
Ketahuan, Toyota Sienta sedang 'uji jalan' di kawasan Salemba

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT