Istimewa, Ada Paket Kredit Mobil Daihatsu hingga 8 Tahun di GIIAS

OTOMOTIF | 23 Juli 2019 19:29 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Astra Credit Companies (ACC) bagian dari Astra Financial menyediakan tenor atau masa kredit hingga 8 tahun bagi pengunjung GIIAS yang berniat membeli mobil Daihatsu. Tenor 8 tahun ini khusus dibuat hanya untuk merek Daihatsu.

Hary Santoso, Retail Sales Division Head ACC, mengungkapkan pihaknya berani membuat paket kredit hingga 8 tahun bagi calon pembeli Daihatsu karena selama ini kualitas kredit konsumen Daihatsu di ACC bagus. Pertimbangan lainnya, nilai jual kembali (resale value) mobil Daihatsu di Tanah Air tinggi, sehingga harga jual mobil bekas Daihatsu tidak terpuruk di pasaran.

"Kami sudah survei di perusahaan pembiayaan lain. Saat ini tidak ada perusahaan selain ACC yang menyediakan paket tenor hingga 8 tahun. Jadi saat ini tenor 8 tahun yang terlama di Tanah Air," ujar Hary saat dijumpai di booth Daihatsu GIIAS, di ICE BSD City, Tangerang, Selasa (23/7).

Selain itu, kata Hary, dengan tenor hingga 8 tahun, maka nilai cicilan per bulan yang dibayar konsumen menjadi lebih murah. Apalagi data profil konsumen Daihatsu di ACC menyebutkan, sebanyak 76 persen membeli mobil Daihatsu secara kredit, 85 persen konsumen memiliki tenor 4-7 tahun, dan 76 persen merupakan pembeli mobil pertama.

Berdasarkan data ACC pula, segmen konsumen Daihatsu adalah segmen yang tepat dengan paket tenor hingga 8 tahun ini. Sebab kualitas kredit konsumen Daihatsu sangat baik. Dalam arti tingkat kredit macetnya (NPL) sangat rendah. Kemudian tingkat repeat order-nya juga tinggi.

"NPL kami di bawah 1 persen, masih jauh dari batas 5 persen yang ditentukan Otoritas Jasa Keuangan," terangnya.

Pertimbangan lain ACC membuat paket tenor 8 tahun bagi Daihatsu adalah untuk menyasar pembeli mobil pertama (first car buyer) yang mencapai 76 persen dalam data profil konsumen Daihatsu. Mereka yang membeli mobil pertama ini merupakan generasi milenial yang berdasarkan riset ACC mempunyai pengeluaran rutin untuk leisure, seperti minum kopi di kafe, traveling, dan sebagainya.

Jadi dengan masa angsuran lebih panjang (8 tahun), artinya nilai angsurannya tidak memberat mereka, akibat beban pengeluaran leisure itu.

"Kami membantu pembeli generasi milenial Daihatsu dari potensi bad debt," pungkasnya.

Target Daihatsu

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, menjelaskan di GIIAS tahun ini pihaknya menargetkan target penjualan mobil Daihatsu sebanyak 500-600 unit. Per Senin (22/7) atau lima hari pameran, jumlah penjualan berdasarkan surat pemesanan kendaraan (SPK) mencapai 284 unit. Jumlah ini naik 7 persen dari periode sama GIIAS tahun lalu.

"Dari hasil 284 unit itu, model yang mencatat penjualan terbesar adalah Sigra sebanyak 35 persen. Disusul Terios 21 persen, Ayla 14 persen, dan Xenia 11 persen," pungkas direktur yang biasa disapa Ibu Amel ini.

(mdk/sya)