Advertorial

Jadi Kunci Sukses Kelancaran Bisnis, Mitsubishi Colt L300 adalah Sahabat Pengusaha

Jadi Kunci Sukses Kelancaran Bisnis, Mitsubishi Colt L300 adalah Sahabat Pengusaha
Jadi Kunci Sukses Kelancaran Bisnis, Mitsubishi Colt L300 adalah Sahabat Pengusaha. ©Mitsubishi
OTOMOTIF | 15 September 2021 07:45 Reporter : Jeffreydien Winanda

Merdeka.com - Memulai usaha sendiri menjadi tantangan tersendiri bagi para enterpreneur. Banyak faktor yang mendukung kelancaran bisnis dari masa perintisan hingga pengelolaan. Salah satu kunci sukses dari kelancaran bisnis datang dari sektor transportasi. Terlebih jika bisnis yang dijalankan berkaitan dengan logistik dan bongkar muat barang. Seperti yang dialami oleh Ari, pria asal Kabupaten Malang yang sudah merintis usaha peternakan sejak empat tahun lalu.

Sejak tahun 2017, Ari sudah memulai bisnis peternakan sapi. Dalam kesehariannya, ia mengangkut sapi-sapi tersebut untuk diperjualbelikan ke beberapa tempat yang dituju. Mengangkut binatang ternak bukanlah perkara mudah.

Hal ini dikarenakan selain mengedepankan kenyamanan agar binatang ternak tersebut tidak stres, diperlukan juga performa bandel dari kendaraan pengangkutnya. Itulah sebabnya Ari menggunakan Mitsubishi Colt L300 sebagai tunggangan sehari-hari.

Mitsubishi Colt L300 Terbukti Tangguh di Segala Medan

jadi kunci sukses kelancaran bisnis mitsubishi colt l300 adalah sahabat pengusaha
©Mitsubishi

Banyak pertimbangan yang dipikirkan oleh Ari dalam melakukan kegiatan operasional pengangkutan hewan ternak ini. Bukan tanpa alasan, performa alat transportasi memegang peranan kunci agar memiliki keamanan dan kenyamanan tingkat tinggi. Oleh sebab itu dalam empat tahun bisnisnya ini, dia setia menggunakan Mitsubishi Colt L300 yang terbukti tangguh di segala medan.

"Saya menjalankan bisnis ini sudah empat tahun, dan dalam kurun waktu tersebut saya menggunakan L300 karena bandel dan irit. Jadi buat mengangkut sapi ini saya tidak mengalami kesulitan. Operasional pun lancar dan murah karena tidak terlalu banyak menghabiskan biaya untuk bahan bakar," tutur Ari dalam sesi wawancara bersama tim Merdeka.com pada Rabu (8/9).

Performa tangguh dari Mitsubishi Colt L300 ini memang bukan isapan jempol belaka. Mesin Diesel 4D56 yang tertanam dalam mobil ini menjadi faktor ketangguhan dari kendaraan yang satu ini. Mesin diesel ini sendiri termasuk legendaris dengan Cyclone 2.500cc yang telah setia menemani para pengusaha dalam kesehariannya seperti Ari.

Menjadi Kendaraan Favorit Masyarakat

jadi kunci sukses kelancaran bisnis mitsubishi colt l300 adalah sahabat pengusaha
©Mitsubishi

Sebagai salah satu kendaraan legendaris, Mitsubishi Colt L300 ini telah menjadi favorit masyarakat dari generasi ke generasi. Bahkan sudah banyak bermunculan komunitas L300, termasuk Ari juga tergabung di dalamnya.

"Iya ada komunitasnya. Saya sendiri juga tergabung di komunitas L300 yang selama ini berkumpul di sekitar pasar. Aktivitasnya biasanya kopi darat, berkumpul, namun semenjak pandemi jadi lebih susah untuk berkumpul," lanjut Ari.

Tak heran jika Mitsubishi Colt L300 jadi primadona hingga memiliki komunitasnya sendiri, lantaran mobil angkutan yang satu ini adalah jagoan dari Mitsubishi Motors Indonesia di segmentasi small pickup. Hingga tahun 2019 lalu, penjualan mobil tipe ini diperkirakan menembus angka 700 ribu unit. Sebuah angka penjualan fantastis untuk mobil angkutan.

Mitsubishi Colt L300 memang layak disebut legenda lantaran diusung dengan tenaga dan mesin kuat yang teruji di berbagai medan Tanah Air. Data dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Juli 2021 mencatat, volume penjualan kendaraan ini mencapai 2.066 unit.

Dengan kata lain, Mitsubishi Colt L300 berkontribusi sebesar 22,6% dari total penjualan seluruh jenis kendaraan Mitsubishi. Area Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadi wilayah yang memimpin pasar pikap dari Mitsubishi Colt L300.

"Di Juli tahun ini, L300 mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di segmen small pikap 4x2 dengan pangsa pasar lebih 66 persen," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Mitsubishi Colt L300 Sah Menjadi Raja Pikap di Tanah Air

Sejak pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 1979, Mitsubishi Colt L300 masuk ke pasar Indonesia dua tahun setelahnya dengan varian mesin bensin 1,4 liter. Lalu memasuki tahun 1984, varian mesin diesel 2,3 liter diperkenalkan dengan performa jempiolan berkat tenaga 65 ps di 4.200 rpm dengan torsi 137 Nm pada 2.000 rpm.

Memasuki tahun 2000, Mitsubishi Motors resmi menghentikan penjualan L300 varian bensin. Sejak saat itulah varian Mitsubishi Colt L300 diesel menjadi raja pikap dan kini telah sah menjadi legenda di Tanah Air.

(mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami