Jejak 16 Tahun Daihatsu Xenia, Jadi Low MPV Terlaris Ketiga di Masa Pandemi

Jejak 16 Tahun Daihatsu Xenia, Jadi Low MPV Terlaris Ketiga di Masa Pandemi
grand new xenia 1.5. ©2019 Merdeka.com
OTOMOTIF | 22 Mei 2020 12:04 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Industri otomotif Indonesia pada tahun ini berada dalam kondisi sangat menantang akibat pandemi Covid-19. Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalisasi penyebaran virus banyak dilakukan oleh pemerintah daerah seperti di kawasan Jabodetebaek.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, hingga empat bulanan atau Januari-April, penjualan ritel pasar otomotif nasional mencapai sekitar 243 ribu unit. Turun 28,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Pada periode sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit, turun 26,9 persen secara tahunan. Meski mengalami penurunan secara volume di pasar otomotif nasional, penjualan Daihatsu selama empat bulan itu mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2 persen.

Segmen low MPV yang menjadi pasar mobil terbesar di Indonesia, saat ini berkontribusi 20 persen, Daihatsu Xenia menjadi mobil low MPV terlaris ketiga dengan volume penjualan lebih dari 5.000 unit. Pangsa pasarnya mencapai 10,1 persen dalam kurun waktu empat bulan pertama.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan hal ini membuktikan bahwa Xenia yang berkiprah selama lebih dari 16 tahun tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia.

Baca Selanjutnya: Terjual Lebih dari 600 Ribu...

Halaman

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami