Jejak Sukses Mitsubishi Xpander selama 4 Tahun di Pasar Otomotif RI

Jejak Sukses Mitsubishi Xpander selama 4 Tahun di Pasar Otomotif RI
Baru hari ke-5 GIIAS, Mitsubishi Xpander Panen Pesanan 1.674 Unit!. ©2017 Merdeka.com
OTOMOTIF | 26 Oktober 2021 08:44 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pasar mobil keluarga atau multipurpose vehicle (MPV) di Indonesia makin dinamis sejak empat tahun silam. Kehadiran All New Mitsubishi Xpander menjadi pemicunya.

Mobil MPV dengan cita rasa SUV ini mampu menarik pasar otomotif Indonesia terutama di segmen Low MPV.

Debut global di pameran GIIAS 2017, Mitsubishi Xpander langsung mempesona konsumen Low MPV yang jenuh dengan model dan desain model yang beredar di pasar. Xpander dengan desain eksterior yang futuristik, mampu memenuhi dahaga dan rasa jenuh konsumen Low MPV tadi.

Tak heran bila di tahun pertamanya, model ini sangat populer di pasar. Bahkan beberapa kali mengungguli Toyota Avanza sebagai raja Low MPV Indonesia.

Kini, empat tahun berlalu, Mitsubishi Xpander kian menjelma sebagai mobil yang paling diminati konsumen otomotif Indonesia.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan, total populasi Mitsubishi Xpander mencapai 200.000 unit sejak rilis perdana pada 2017 hingga Juli 2021.

Selama empat tahun pula, Mitsubishi Motors Indonesia terus memperbarui model ini sehingga menjadi mobil dengan fitur canggih berlimpah plus daya angkut yang sangat bagik di segmen Low MPV. Sebut saja RISE Body (Reinforced Impact Safety Evolution), sistem pengereman antilock braking system (ABS), power window timer, headlight auto-off function, dan auto door relock system.

Plus fitur-fitur keamanan aktif lainnya, seperti hill start assist (HSA), emergency stop signal system (ESS), dan Active Stability Control (ASC).

Jangan lupa, performanya yang dikenal tangguh dengan mesin MIVEC 1.5L DOHC 16-valve. Dapur pacunya ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 77 kW di 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm per 4.000 rpm. Mesin ini juga ramah lingkungan karena memenuhi standar emisi Euro-4.

Mesin tangguh ini berpadu dengan sistem suspensi canggih: MacPherson Strut dan Torsion Beam yang dilengkapi katup peredam guncangan sehingga mobil makin stabil dan nyaman. Plus ground clearance tertinggi di kelasnya: 205 milimeter.

Di masa pandemi Covid-19 ini, popularitas Mitsubishi Xpander tak surut. Penjualannya tetap tinggi. Apalagi model ini termasuk mobil yang menerima insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) sebesar 0 persen dari pemerintah hingga Desember tahun ini. Jadi konsumen baru Mitsubishi Xpander tidak perlu membayar PPnBM alias gratis pajak sampai Desember.

Pada Agustus lalu, penjualan Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) mencapai 3.966 unit, mendominasi penjualan total Mitsubishi lebih 46 persen. Model ini mencatat pangsa pasar segmen small MPV sekitar 28 persen.

“Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisi sebagai model favorit konsumen Indonesia. Penerimaan pasar yang tetap baik terhadap model ini, dibuktikan dengan peningkatan penjualan, pangsa pasar di segmennya, dan kontribusi model ini pada keseluruhan penjualan model Mitsubishi Motors di Indonesia. Kami terus membuka komunikasi dengan konsumen untuk memperkuat posisi produk kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia, termasuk beragam layanan yang dapat dinikmati oleh konsumen secara mudah dan nyaman pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan,” kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, dalam satu kesempatan.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami