Keiritan Honda Revo FI tembus 92 Km/Liter

Keiritan Honda Revo FI tembus 92 Km/Liter
OTOMOTIF | 24 Februari 2014 15:21 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Bagi mereka yang membutuhkan sepeda motor sebagai alat transportasi utama dalam keseharian, barangkali motor bebek ini bisa jadi pilihan. Disamping gesit, ternyata hasil pengetesan para jurnalis, motor ini sanggup dibuktikan sangat ekonomis dalam pemakaian bahan bakar.

Lewat lomba irit Econo Riding Contest yang melibatkan jurnalis, New Honda Revo FI cuma butuh 1 liter bensin premium untuk jarak 92,698 km. Yang menarik saat lomba, cuaca diwarnai hujan lebat dan situasi lalu lintas yang macet.

Pengujian keiritan Revo sendiri berlangsung di Jatake, Tangerang, dengan jarak tempuh sejauh 19,5 km. Rute yang dilalui adalah jalan raya yang biasa dihadapi pengguna motor dalam keseharian. Dua wartawan lainnya mampu mencapai keiritan New Revo FI 90,698 km/liter dan 84,348 km/liter.

Sementara hasil test komunitas motor Honda yang tergabung dalam Asosiasi Honda Jakarta, nilai ekonomis BBM tertinggi yang diraih adalah 76,078. Dari 20 peserta yang melibatkan jurnalis dan anggota klub motor, rata-rata keiritan Revo FI mencapai lebih dari 85 km/liter.

"Gaya berkendara, memang bisa mempengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar. Tapi intinya kami ingin membuktikan bahwa motor Honda adalah commuter paling irit dan cocok buat masyarakat," tandas Ario, Head of Marketing PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang di sela-sela Econo Riding Contest Revo FI di Tangerang, Sabtu (22/2).

Uji keiritan, lanjut Ario, dilakukan dengan teliti dan melibatkan langsung orang-orang yang akrab dengan dunia sepeda motor. Selain itu, semua regulasi dan proses uji dipantau oleh tim Technical Service Wahana dan PT Astra Honda Motor (AHM).

Dalam lomba irit, regulasi yang ditetapkan mencakup penimbangan berat badan bagi seluruh peserta. Kemudian rekapitulasi data awal dan akhir kilometer, sekaligus pencatatan waktu tempuh. Metode perhitungan konsumsi BBM dilakukan dengan metode full to full. Artinya pengisian awal bensin dilakukan pada batas tertentu dalam tangki.

Di akhir garis start, petugas teknis akan mengisi ulang pengunaan BBM sesuai dengan pengisian awal start dengan rumus konsumsi BBM (km/liter) = jarak tempuh (km)/Qty BBM yang diisikan (liter). Adapun jarak tempuh yang dilalui dalam lomba irit Revo FI kali ini adalah sepanjang 19,5 km.

New Honda Revo FI hadir dengan desain baru yang dilengkapi teknologi Programmed Fuel Injection (PGM FI), dan memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 4,5 liter.

New Honda Revo FI memiliki sistem pendingin udara dengan kapasitas mesin 110cc. Dilengkapi dengan teknologi injeksi PGM-FI, New Honda Revo FI memenuhi standar emisi EURO 3. Konsumsi BBM mesin Honda Revo lebih hemat dibandingkan dengan tipe karburator dengan konsumsi BBM 62,2 km/liter (hasil tes ECE R40).

Revo FI dipasarkan dalam 3 varian, yaitu Spoke Wheel, Casting Wheel, dan Revo Fit. Khusus untuk varian Casting Wheel dan Spoke Wheel dilengkapi panel indikator lengkap dengan key shutter untuk faktor keamanan. New Honda Revo FI dibanderol Rp 13.000.000, Absolute Spoke, Rp 12.500.000 dan Revo fit, Rp 13.825.000 untuk tipe CW. Semuanya adalah harga on the road Jakarta.

(kpl/nzr/rd)

TOPIK TERKAIT

Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami