'Kencan' dengan Honda NSX, mobil sport harga empat miliaran di Indonesia

OTOMOTIF | 25 Mei 2018 14:18 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mobil sport honda NSX merupakan satu daya tarik Honda Gallery yang berada di Senayan City Mall, Jakarta Selatan. Mobil berwarna merah marun menyala ini seolah menyapa para pengunjung salah satu mal papan atas di kawasan Jakarta ini. Mobil sport ini masih mejeng di Honda Gallery hingga akhir Juni ini.

Sebagai penampil istimewa, Honda NSX hanya bisa dinikmati dari luar. Namun, kemarin, Merdeka.com mendapat kesempatan berkenalan lebih dekat, sekaligus melihat interior dan kabin mobil sport Honda yang setara dengan merek Ferrari ini.

Senada dengan eksterior, interior Honda NSX juga bernuansa merah hitam. Kesan mobil balap kentara dengan posisi jok yang sangat dekat dengan lantai dan jok kulit full bucket. Desain interiornya juga sangat sporty dengan material kualitas mumpuni.

Honda NSX ©2018 Merdeka.com

Lingkar kemudinya dilengkapi fitur Electric Power Steering (EPS) untuk mendukung kelincahan dan kesenangan berkendara. Untuk hiburan, Honda NSX dilengkapi audio berkualitas premium dari ELS Studio yang dilengkapi 9 speaker untuk memberikan kualitas suara yang setara dengan studio pribadi.

Di Jepang, kabarnya mobil sport generasi kedua Honda ini dibanderol Rp 2 miliar. Tentu di Indonesia tidak semurah itu, karena ada tambahan biaya sepeti bea masuk, pajak barang mewah, dan pajak lainnya. Nah, bisa jadi harga jualnya di Indonesia naik dua hingga tiga kali lipat, kisaran Rp 4-6 miliar!

Honda NSX ©2018 Merdeka.com


Honda NSX adalah mobil sport berkapasitas 2 penumpang yang diproduksi di Perfomance Manufacturing Center, Ohio, Amerika Serikat. Menggunakan bahan aluminium ringan dan kokoh, serta bentuk aerodinamis, Honda NSX didesain untuk memaksimalkan pengalaman berkendara sporty sebagai representasi dari NSX; New Sports eXperience.

Dapur pacunya memadukan mesin berbahan bakar dan hybrid, tepatnya mesin 3.5L DOHC Twin-Turbo V6, menghasilkan tenaga 500 hp pada 6.500 – 7.500 rpm dan torsi maksimal 406 lb-ft pada 2.000 hingga 6.000 rpm.

Honda NSX ©2018 Merdeka.com


Dikombinasikan dengan tenaga ekstra dari mesin hybrid, Honda NSX mampu menghasilkan tenaga hingga 573 hp dan torsi 476 lb-ft. Akselerasinya juga luar biasa, hingga 60 mile per hours (mph) hanya butuh waktu 2,7 detik dengan kecepatan maksimal 191 mph.

Honda NSX ©2018 Merdeka.com


Transmisi dual-clutch 9 percepatan dan penggerak All Wheel Drive (AWD) dengan dua motor elektrik di bagian depan dan satu motor elektrik di bagian belakang. Fungsi motor tersebut, mendistribusikan tenaga serta memaksimalkan traksi pada setiap roda, demi menghasilkan pengendalian yang presisi meski dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Honda NSX ©2018 Merdeka.com


Honda NSX juga dilengkapi rem berbahan keramik karbon serta suspensi aluminum untuk performa maksimal. Sedangkan untuk menjaga suhu mesin, Honda NSX telah dilengkapi dengan 10 pipa udara.

Demi fun to drive, Honda NSX memiliki 4 mode berkendara, yakni Quiet mode, Sport mode, Sport+ mode, dan track mode. Ada indiktor lampu berwarna yang menandai setiap mode yang dipilih. Misalnya lampu indikator berwarna merah menyala untuk track mode. Sayang, Honda Indonesia tidak membuka kesempatan test drive-nya!

(mdk/ara)