Krisis Covid-19, CEO Toyota: Kami akan Lakukan Apa Pun karena Keluarga Saling Menjaga

Krisis Covid-19, CEO Toyota: Kami akan Lakukan Apa Pun karena Keluarga Saling Menjaga
OTOMOTIF | 26 Maret 2020 10:35 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Akio Toyoda, Presiden Direktur dan Chief Executve Officer (CEO) Toyota Motor Corporation, membuat sebuah video singkat berdurasi dua menit 30 detik untuk memberikan arahan dan semangat bagi seluruh karyawan dan keluarga besar Toyota dan Lexus di seluruh dunia.

Video ini tampaknya dibuat untuk menghadapi situasi krisis pandemik virus Corona (covid-19) di seluruh dunia.

Menurut perwakilan Toyota Indonesia, video ini dirilis pada hari ini (26/3) oleh orang nomor satu di salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia asal Jepang ini.

"Hai Toyota dan Lexus, saya ingin mengambil momen ini. Kita semua di seluruh dunia sedang berada dalam momen sulit di mana pun Anda tinggal. Saya yakin semua khawatir bahwa pandemik ini akan berdampak kepada kita," ujar Toyoda memulai pidatonya sambil berdiri dengan latar pohon-pohon besar.

Kata dia, saya harap bisa katakan ini, tapi tiada yang lebih buruk selain ketidakpastian ini. Namun, Toyota yakin krisis ini segera berakhir dan bisa kita lewati bersama-sama. Untuk itu, ikuti arahan pimpinan lokal Anda dan kantor pusat.

"Di sini, kami fokus bersama tim untuk menekan ketidakpastian ini. Yang bisa kami lakukan adalah mendukung kustomer dan satu sama lain. Kita mampu lewati ini bersama-sama, setiap hari menuju akhir krisis," ujarnya bersemangat.

Menurutnya, Toyota sudah teruji dengan banyak tantangan. Seperti resesi (ekonomi), recall, hingga bencana alam. Saat situasi makin sulit, Toyota tetap maju. Kita semua menderita dan bekerja keras seperti Anda yang bekerja di garis depan, di pabrik, dengan bekerja dari rumah saat ini.

"Saya di sini untuk Anda. Toyota akan lakukan apa pun yang mungkin karena kita keluarga, dan sebagai keluarga, kita saling menjaga keluarga. Untuk itu, ikuti arahan dan tuntunan pimpinan Anda. Tetap sehat, tetap positif, terima kasih," ujar Toyoda mengakhiri pidatonya.

001 yoga tri priyanto

©2016 Merdeka.com

Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Training Center di Cibitung, Jawa Barat, berpendapat pesan dari CEO Toyota Motor Company sangat penting di situasi seperti ini.

"Kami, Toyota Indonesia, memang miliki ‘Toyota Way’ sebagai landasan bekerja yaitu 'Respect for people' dan 'Continuous Improvement'. Ini sangat berguna di saat kami menghadapi masa sulit seperti sekarang ini," ucapnya.

Toyota secara global memang berada dalam tekanan. Selain pandemik virus Covid-19 yang juga memukul banyak industri termasuk otomotif secara umum, Toyota sebagai salah satu sponsor Olimpiade Tokyo 2020 juga terpukul, karena kegiatan olahraga terbesar di bumi ini ditunda hingga musim panas tahun depan (2021) akibat pandemik virus ini. (mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami