KTB Bikin Departemen Baru untuk Modifikasi Truk Fighter Lebih Lokal

OTOMOTIF | 22 Juli 2019 13:46 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mitsubishi Fuso Indonesia menyiapkan local development product department di PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) pada semester II tahun ini. Departemen baru ini dibangun untuk mengembangkan model medium duty truck (MDT) Fighter yang dirilis awal tahun ini.

Fighter merupakan line-up terbaru Mitsubishi Fuso, hasil pengembangan dari para engineer MFTBC (Jepang) untuk memenuhi standarisasi industri di Indonesia. Produk ini memiliki desain berkualitas, telah teruji performa dan ketangguhannya, serta ramah terhadap lingkungan.

"Kami sudah mendatangkan dua orang dari Jerman dan Jepang untuk melakukan modifikasi terhadap model Fighter supaya sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Saat ini kami sudah memodifikasi lokasi fuel tank," ujar Atsushi Kurita, Presiden Direktur KTB, saat dijumpai di booth Mitsubishi Fuso di arena GIIAS, ICE BSD City, Tangerang, Senin (22/7).

Menurut Kurita, modifikasi lokal terhadap Fighter ini diperlukan supaya model MDT ini semakin memenuhi kebutuhan konsumen lokal. Sehingga peruntukannya semakin optimal. Apalagi Fighter diriset dan dikembangkan di Tokyo, Jepang, meski dirakit di pabrik KTB.

Keunggulan model Fighter

Pada pameran GIIAS tahun ini, KTB, meluncurkan enam varian baru Fighter, setelah meluncurkan sembilan varian Fighter pada Januari lalu. Jadi total varian Fighter berjumlah 15 varian.

Kata dia, kelanjutan dari peluncuran produk Fighter kali ini merupakan komitmen KTB dalam memperkuat segmen MDT, serta upaya KTB dalam menyediakan variasi pilihan produk yang beragam dalam memenuhi kebutuhan bisnis konsumen.

Enam varian baru yang diluncurkan yaitu: FM 65FM (4x2), FM 65 FM Higear (4x2), FM 65FSL (4x2), FM 65 FSL Higear (4x2), FN 61 FL (6x2), FN 62FL HD (6x4). Varian baru ini memiliki variasi chassis panjang, medium, hingga super panjang, dapat mengangkut lebih banyak muatan dengan G.V.W mulai dari 16 hingga 26 ton. Dengan panjang chassis cab to end 6,6 meter hingga 9,8 meter, serta wheel base 5 meter hingga 7,1 meter yang memungkinkan konsumen membawa kapasitas lebih banyak dalam sekali angkut.

Fighter juga terkenal dengan tingkat kenyamanan tinggi, dengan ruang kabin lebih besar, desain kendaraan aerodinamis serta air suspension seat untuk mengurangi kebisingan dan getaran. Penglihatan semakin jelas dengan kaca depan panoramic serta lampu sudut yang dapat meningkatkan keamanan berkendara. Fitur-fitur tersebut sangat penting untuk kenyamanan pengendara sehingga dapat meningkatkan produktivitas ketika mendistribusikan barang.

Saat ini Mitsubishi Fuso diperkuat oleh jaringan terluas dan terlengkap: 229 dealer, 15 Truck Center 24 Jam, serta lebih dari 5,000 toko suku cadang. Untuk sistem manajemen fleet terdepan, seluruh kendaraan Mitsubishi Fuso dilengkapi dengan Runner Telematics System sebagai fitur standar. Semua dapat dipantau dengan mudah hanya dengan satu klik pada computer, laptop, tablet, dan mobile phone kapanpun dan dimanapun.

Pangsa pasar Mitsubishi Fuso selama Januari-Juni 2019 sebesar 43,7 persen, masih bertahan sebagai pemimpin pasar yang tak terkalahkan selama 49 tahun berturut-turut. Mitsubishi Fuso akan mendukung penuh Pemerintah serta Masyarakat Indonesia, sebagai kendaraan transportasi yang menggerakkan ekonomi dan pembangunan. (mdk/sya)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.