Mandalika Racing Team Indonesia Siap Berlaga di Moto2 Musim Depan

Mandalika Racing Team Indonesia Siap Berlaga di Moto2 Musim Depan
Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) berlaga di Moto2 musim depan. ©2020 Merdeka.com
OTOMOTIF | 10 November 2020 08:38 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Indonesia memiliki tim balap di ajang internasional MotoGP musim 2021 lewat Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI). Peluncuran MRTI ini dilakukan di MotoVillage, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (9/11) malam.

Selama satu musim penuh, tim yang digawangi Rapsel Ali sebagai Ketua MRTI bakal terjun di kelas Moto2 bersama pebalap Dimas Ekky Pratama.

Rapsel Ali menjelaskan tim ini dibentuk untuk mendukung program Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021.

"Mandalika di Nusa Tenggara Barat telah dipilih sebagai sirkuit resmi ajang MotoGP musim depan. Hal ini juga untuk mendukung harapan bangsa Indonesia agar dapat berprestasi di balap internasional," kata Rapsel Ali.

Dengan digelarnya ajang MotoGP di Indonesia pada tahun depan, dia berharap tim besutannya mampu mendongkrak sektor pariwisata khususnya di Nusa Tenggara Barat.

Febby Sagita, Direktur Operasional Tim MotoGP Indonesia, menambahkan MRTI bakal menjadi tim debutan Indonesia yang berlaga di kejuaraan dunia Moto2 secara penuh di musim depan.

Untuk memuluskan langkahnya di setiap seri kelak, MRTI akan merangkul salah satu tim di kelas intermediate, selain membidik rekan Dimas Ekky yang akan mendampinginya.

"Untuk tim yang akan kami gandeng, belum bisa disebutkan karena tim tersebut masih terikat kontrak hingga gelaran MotoGP 2020 berakhir," jelas Febby.

Selain itu, dari kerja sama tersebut akan dipersiapkan teknisi, motor, dan serangkaian latihan seperti training camp yang masih kurang tersedia di Indonesia.

Dari training camp itu, Febby ingin melakukan latihan sebelum pramusim agar bisa mendapatkan bibit baru pebalap-pebalap muda dan berprestasi di Tanah Air.

2 dari 2 halaman

Perlu Fasilitas Training Camp Pebalap

mandalika racing team indonesia mrti berlaga di moto2 musim depan
©2020 Merdeka.com

Febby juga mengaku sudah mengisi timnya dengan orang-orang berkompeten. Untuk itu, dia berharap dukungan dari pemerintah dalam membangun fasilitas training camp bagi pebalap yunior.

Perlu diketahui, MRTI akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765 cc yang dipakai oleh seluruh tim Moto2. Kendati menggunakan mesin sama dari pemasok tunggal, setiap tim diperbolehkan mengaplikasi sasis berbeda, seperti Kalex, MV Agussta, NTS, dan Speed Up.

"Inilah wujud motor yang bakal digunakan Dimas Ekky di ajang balap Moto2 tahun depan. Motor ini didominasi warna merah-putih, plus lis biru di beberapa sudut," pungkas Febby.

Untuk langkah selanjutnya, perwakilan MRTI bakal mengadakan pertemuan dengan Dorna Sports di Barcelona, Spanyol, akhir bulan ini. Agendanya, membicarakan hal-hal teknis soal partisipasi MRTI sekaligus peresmian nama tim di sana. 

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami