Mencari Mobil Bekas Idaman? Jangan Lupa Garansinya

Mencari Mobil Bekas Idaman? Jangan Lupa Garansinya
Otospector adalah platform layanan inspeksi dan garansi mobil bekas di Indonesia.. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 6 Juli 2022 09:47 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Memilih mobil bekas tidaklah mudah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pastikan mobil bekas incaran mendapatkan jaminan garansi untuk mesin dan transmisi agar berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Membeli kendaraan merupakan proses yang menyenangkan termasuk membeli mobil bekas berkualitas. Namun, ketika Anda harus memilih untuk membeli mobil bekas, banyak hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai mobil bekas kesayangan malah menjadi beban Anda di kemudian hari.

Bicara tren mobil bekas di Indonesia cukup menarik. Tren saat ini adalah kenaikan harga mobil bekas. Sebab suplai untuk mobil bekas berkurang lantaran kondisi pandemi Covid-19. Sementara permintaan pasar bisa dikatakan mulai membaik.

Permintaan yang tumbuh ini tidak diimbangi kenaikan suplai sehingga harga mobil bekas mengalami kenaika. Meski begitu, kenyataannya mobil bekas memiliki pasar tersendiri. Baik untuk konsumen yang ingin naik kelas dari sepeda motor maupun faktor keterbatasan anggaran.

Langkah awal sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya mengecek kendaraan secara detail. Mulai bagian eksterior, interior, mesin hingga kelengkapan dokumen. Pengecekan lainnya yang perlu diperhatikan, apakah mobil yang diincar bebas dari terendam banjir dan tabrakan besar.

Poin penting lainnya, ketika berminat meminang mobil bekas adalah garansi. Kebanyakan show room mobil bekas memberikan garansi dalam waktu singkat. Biasanya hanya beberapa hari, setelah mobil keluar dari show room.

“Otospector hadir untuk memberikan ketenangan pikiran bagi konsumen yang ingin membeli mobil bekas dengan layanan Garansi Otospector. Tersedia beberapa pilihan program garansi mobil bekas dari Otospector dengan jangka waktu garansi hingga 1 tahun,” ujar Jeffrey Andika, Co-Founder dan CEO Otospector, dalam keterangannya, Rabu (6/7).

Menurut Jeffrey, pihaknya menjamin lebih 100 komponen mesin dan transmisi kendaraan. Jaringan bengkel rekanan yang terpercaya, customer support, dan tim inspeksi profesional selalu siap membantu jika mobil bergaransi Otospector mengalami kendala.

2 dari 2 halaman

Paket Garansi Otospector

berbagai layanan baru otospector di semester ii 2021
©2021 Merdeka.com

Nah, bicara program garansi mobil bekas ini, Otospector punya beberapa pilihan paketnya:
1. Paket Garansi Silver, jangka waktu 30 hari, total klaim Rp 10 juta
2. Paket Garansi Gold, jangka waktu 90 hari, total klaim Rp 15 juta
3. Paket Garansi Gold Plus, jangka waktu 360 hari, total klaim Rp 30 juta
4. Paket Garansi Platinum, jangka waktu 360 hari, total klaim Rp 50 juta

Selain jangka waktu dan total klaim perbaikan yang berbeda pada setiap paket garansi tersebut, terdapat perbedaan juga pada komponen yang dijamin dan fasilitas yang didapat oleh konsumen.

“Khusus garansi 1 tahun atau 360 hari, Otospector menjamin perbaikan salah satu komponen terpenting mobil yaitu ECU (Engine Control Unit) dan hadirkan fasilitas free roadside assistance seperti derek 24 jam yang berguna bila terjadi kondisi darurat di jalan. Bicara harganya, konsumen bisa menikmati paket garansi 1 tahun hanya mulai Rp 1 jutaan saja,” jelasnya.

Untuk mendapatkan program Garansi Mobil Bekas Otospector ini cukup mudah. Ada dua pilihan untuk konsumen. Pertama, membeli mobil bekas pada lebih 500 diler rekanan Otospector yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Opsi kedua, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector sebelum membeli mobil impian Anda. Jika mobil tersebut Otospector nyatakan baik dan memenuhi kriteria, maka akan mendapat garansi secara gratis selama 30 hari. Untuk mobil yang memenuhi kriteria, garansi tersebut bisa ditingkatkan hingga satu tahun.

Lantas bagaimana untuk klaim garansinya?

“Cukup hubungi Otospector saat mobil mengalami kendala. Tim Otospector akan melakukan inspeksi, kemudian mobil akan diarahkan ke bengkel rekanan terdekat dan mobil akan diperbaiki,” ungkap Jeffrey.

Menariknya, Otospector kini memiliki 115 lokasi bengkel rekanan. Jika tidak ada bengkel rekanan Otospector di kota saat Anda mengalami kendala, maka mobil tersebut bisa dibawa ke bengkel resmi. Yang penting Anda harus menghubungi dan mendapat persetujuan dari Otospector terlebih dulu sebelum melakukan perbaikan.

Jadi ketika Anda sudah cocok dengan mobil bekas pilihan yang akan dibeli, sebelum transaksi, sebaiknya perhatikan poin penting garansi kepada penjual. Usahakan untuk membeli line-up mobil bekas pada showroom yang memiliki reputasi baik, demi meningkatkan faktor keamanan dan kenyamanan.

“Konsumen yang membeli mobil bekas di diler rekanan Otospector bisa mendapatkan harga spesial paket garansi. Silakan cek laman otospector.co.id. Selain itu, konsumen yang membeli mobil bekas di aplikasi marketplace OTOS akan mendapatkan Garansi Mobil Bekas paket Gold Plus secara gratis,” pungkas Jeffrey.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini