Mengapa Indonesia jadi negara pertama yang produksi Toyota Sienta?

OTOMOTIF | 7 April 2016 16:47 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Indonesia menjadi negara pertama di dunia, di luar Jepang, yang memproduksi Toyota Sienta. Apa ya alasan prinsipal, Toyota Motor Corporation, memilih Indonesia menjadi basis produksi Sienta pertama di dunia?

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan alasan pabrik TMMIN dipilih karena pabrik Toyota di Indonesia dikenal sebagai basis produksi kendaraan yang diinginkan konsumen. Ini sesuai dengan rencana besar Toyota saat mengembangkan Sienta.

Sienta didesain sebagai bukan mobil MPV biasa, karena Sienta mempunyai style dengan desain eksteriornya yang unik dan menarik. Konsep mobil Sienta ini coba ditawarkan kepada konsumen Indonesia.

"Dengan karakter seperti itu, Sienta diharapkan cocok dengan karakter konsumen Indonesia," ujar Warih usai press conference di event IIMS 2016 di Jakarta, Kamis (7/4).

Mulai bulan ini TMMIN mempersiapkan diri untuk memproduksi Sienta supaya bisa dikirim ke konsumen pada Juli. Sementara Sienta made in Indonesia ditujukan untuk pasar domestik, dan belum ekspor.

"Kami belum bisa menyebutkan volume produksi Sienta saat ini. Karena Toyota Indonesia masih mengumpulkan data pasar lewat dealer-dealernya. Biasanya H-1 atau H-2 baru ketahuan jumlah unit Sienta yang diproduksi," ucapnya.

Oya, Sienta made in Indonesia berbeda dengan versi made in Jepang. Karena ada beberapa fitur yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia, seperti model kursi dan ground clearance.

Baca juga:
Dibikin di Karawang, Toyota Sienta punya 80 persen komponen lokal
Diperkenalkan di IIMS, Toyota jual seri Sienta mulai Rp 230 juta
Toyota Sienta lebih panjang dari Honda Freed
Toyota belum buka pesanan MPV Sienta
Nasmoco: Pasar Toyota lebih bagus di 2016 karena Sienta

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT