Mengenal Mobil Listrik Genesis G80, Dipakai Presiden "Negara Kaya" di KTT G20 Bali

Mengenal Mobil Listrik Genesis G80, Dipakai Presiden "Negara Kaya" di KTT G20 Bali
Sedan listrik mewah Genesis G80. ©2021 Merdeka.com
OTOMOTIF | 26 Oktober 2021 18:24 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia mengumumkan mobil listrik Genesis G80 dipilih menjadi mobil resmi VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada kuartal akhir 2022.

Sedan listrik mewah ala Hyundai ini bakal digunakan oleh para pemimpin tertinggi negara anggota G20.

Informasi tersebut disampaikan Presiden Indonesia Joko Widodo saat melihat pameran "The Future EV Ecosystem for Indonesia" di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, kemarin.

Merdeka.com berkesempatan melihat langsung Genesis G80 versi mobil listrik di lokasi yang sama pada hari ini (26/10).

Genesis adalah merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group. Merek ini memberikan standar tertinggi dalam performa, desain, keamanan, dan inovasi serta di saat bersamaan mendorong masa depan berkelanjutan. Merek ini memiliki jajaran produk antara lain G90, G80, G70, GV60, GV70, dan GV80.

Erwin DJ, Director of Sales PT Hyundai Motors Indonesia, menjelaskan Hyundai berperan sebagai sponsor atau pendukung pemerintah Indonesia di KTT G20 tahun depan.

"Mobil ini akan disiapkan untuk pimpinan negara atau presiden di KTT G20 Bali. Secara spesifikasi tidak ada yang khusus misalnya fitur kaca antipeluru, karena mobilnya sendiri sudah mewah dan premium," ujar Erwin DJ di sela pameran Hyundai di JIEXpo Kemayoran, Selasa (26/10).

sedan listrik mewah genesis g80
©2021 Merdeka.com

Menurut laman hyundaimotorgroup.com, mobil listrik G80 adalah model mobil listrik pertama Genesis yang menjadi standar sedan listrik mewah.

Berdasarkan NEDC standard, sedan listrik mewah ini memiliki jarak tempuh lebih dari 500 km. Namun, menurut sistem sertifikasi mobil listrik Korea, jarak tempuhnya adalah 427 km dengan kapasitas baterai yang bisa diisi ulang dayanya, dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam tempo 22 menit.

Sedan listrik Genesis G80 menggunakan transmisi AWD (All-Wheel Drive). Tenaganya mencapai 272 kW dengan torsi 700 Nm, dengan aplikasi motor sebesar 136 kW dan 350 Nm maksimum di roda depan dan belakang.

Dengan kemampuan pengendaraan yang dinamis, sedan mewah ini mampu berakselerasi 0-60 mile per hour hanya 4,9 detik (menggunakan mode sports, hasil Genesis R&D Center).

Menariknya, sedan mewah ini memiliki Disconnector Actuator System (DAS). Fitur ini berfungsi secara otomatis mampu mengoneksi atau memutuskan motor dan poros penggerak berdasarkan kondisi pengendaraan termasuk kecepatan dan mode berkendara. Kemudian memungkinkan penggantian antara 2WD dan 4WD secara mulus untuk mengurangi powerloss yang tidak perlu sekaligus meningkatkan efisiensi.

Electrified G80 juga memiliki fitur V2L (Vehicle to Load), yang memungkinkan pengguna menggunakan tenaga listrik sebesar 3,6 kW, yang lebih besar dari yang bisa digunakan di kebanyakan rumah tangga. Sehingga konsumen bisa menggunakan peralatan listrik dengan nyaman di luar kendaraan.

Untuk pengalaman berkendara yang nyaman, Genesis memiliki ANC-R (Active Noise Control-Road). Fitur ini mampu menekan level kebisingan secara signifikan dengan beragam sensornya.

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami