Meratus Expedition 2022 Uji Nyali Peserta dengan Lintasan Super-Ekstrem

Meratus Expedition 2022 Uji Nyali Peserta dengan Lintasan Super-Ekstrem
Acara off road adventure bertajuk Meratus Expedition (MEX) 2022 di Pulau Kalimantan.. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 28 Mei 2022 16:37 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Acara off road adventure bertajuk Meratus Expedition (MEX) 2022 di Pulau Kalimantan memasuki hari kelima. Dimulai sejak 23 Mei lalu, balap mobil off road ini menyuguhkan karakter lintasan yang sangat ekstrem.

Dalam pembukaan saja, para penggila adventur ini langsung berhadapan dengan jalur yang merepresentasikan rintangan dari MEX 1 sampai MEX 4.

Hariono, Ketua Panitia MEX 2022, merupakan beragam tantangan yang harus dilibas pada event tahun ini.

"Bicara karakter lintasan, MEX 5 adalah sebuah napak tilas dari MEX empat edisi sebelumnya. Hal ini dikarenakan jalur-jalur yang digunakan merupakan jalur neraka atau bisa dikatakan gabungan rintangan yang ada pada gelaran MEX 1-4," ujar Hariono dalam rilisnya, kemarin.

Pada edisi kelima ini pula, perbedaan langsung terasa saat memasuki medan sejak hari pertama. Begitu memasuki kawasan ini, off roader langsung mengatur strategi untuk melintasi lintasan yang superekstrem.

"Hari pertama pada MEX 2022 mereka harus mengatur strategi, yang biasanya di gelaran MEX sebelumnya hanya menapaki jalur gravel, sangat berbeda dengan rintangan pada MEX tahun ini. Hari pertama udah begitu masuk jalur, off roader langsung menghadapi jalur ekstrem," jelasnya.

Dengan kondisi jalur ekstrem ini, maka penyelenggara memutuskan untuk memperpanjang durasi pelaksanaan MEX 2022. Akibatnya, untuk mencapai BC2 yang biasanya ditempuh dalam waktu satu hari, jadi molor hingga dua hari. MEX 5 pun bertambah hari, yang semula hanya 12 hari menjadi 14 hari mengingat jalur yang ekstrem ini.

Event Meratus Expedition 2022 yang digelar mulai 23 Mei lalu mengambiil titik start dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Dengan mengangkat beberapa tema, event tahun ini lebih khidmat lantaran digelar sambil mengenang off roader senior, almarhum Syamsir Alam, yang meninggal dunia baru-baru ini.

Di samping itu, Meratus Expedition 2022 ini juga digunakan sebagai sarana atau media bagi para offroader yang haus akan tantangan. Seperti yang diungkapkan Yuma Wiranata Kusuma, salah satu off roader gaek yang berpartisipasi di MEX 2022.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami