Mitsubishi: Xpander dan Xpander Cross Masuk Insentif 'Gratis' Pajak di Maret

Mitsubishi: Xpander dan Xpander Cross Masuk Insentif 'Gratis' Pajak di Maret
Mitsubishi Xpander. ©2018 Merdeka.com
OTOMOTIF | 17 Februari 2021 11:30 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pemerintah memberikan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) pada produk otomotif mulai 1 Maret mendatang. Insentif ini tinggal menunggu surat keputusan menteri keuangan atau surat keputusan menteri bersama (SKB).

Dalam skenario relaksasi pajak itu, tahap pertama dimulai Maret, pemerintah akan memberikan PPnBM 0 persen.

Bagaimana tanggapan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)?

Irwan Kuncoro, Direktur Pemasaran dan Penjualan MMKSI, mengatakan kami mendukng inisiatif dan kebijakan pemerintah ini untuk menggairahkan penjualan mobil di tengah pandemi. Kami masih sedang mempelajari lebih lanjut sambil menunggu detail teknis dan ketentuannya sehingga kami bisa menerapkannya dengan tepat.

"Sejauh ini yang kita dan semua tahu dari siaran pers Kemenko Perekonomian RI, peraturan ini berlaku untuk mobil 1.500 cc ke bawah dan komponen lokal 70 persen. Jadi model kami, Xpander dan Xpander Cross, yang bisa masuk (relaksasi PPnBM)," ujar Irwan saat peluncuran New Pajero Sport secara daring, kemarin (16/2).

Prediksi MMKSI tak keliru. Menurut penelusuran Merdeka.com berdasarkan tiga kriteria, memang tidak semua produk otomotif mendapat relaksasi PPnBM tersebut. Misalnya mobil berpenggerak 4x4 tidak satu model pun mendapat insentif, karena tidak ada yang diproduksi di Indonesia.

2 dari 2 halaman

Segmen Mobil Ini Gratis PPnBM

Berikut ini segmen dan model mobil yang bakal mendapat insentif PPnBM 0 persen Maret tahun ini:

1. Model Sedan

Di segmen sedan 1.500 cc, semula PPnBM yang dipungut sebesar 30 persen. Dengan insentif tersebut, maka PPnBM-nya jadi 0 persen. Model mobil yang beruntung di sini adalah Toyota Vios.

2. Hatchback

PPnBM mobil ini sebesar 10 persen dan bakal jadi 0 persen di Maret nanti terutama untuk model Toyota Yaris, Honda Jazz, dan Honda Brio (non-LCGC).

3. Multipurpose Vehicle (MPV)

Mobil ini juga dikenai PPnBM 10 persen, tapi akan dibebaskan jadi 0 persen untuk model Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Sienta, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero.

4. Sport Utility Vehicle (SUV)

Besaran PPnBM-nya sama dengan segmen MPV. Model-model yang bakal dapat 'gratis' PPnBM ini adalah Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda CR-V Turbo.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini