Mobil Sejuta Umat Jilid 2, New Calya dan Sigra, Meluncur Hari Ini

OTOMOTIF | 16 September 2019 09:20 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pada hari ini (16/9), mobil sejuta umat jilid dua, Astra Toyota Calya dan Astra Daihatsu Sigra, memiliki model baru.

New Calya dan Sigra adalah mobil kategori low cost and green car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang yang mengikuti keberhasilan model Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil sejuta umat jilid satu yang dirilis sejak 2004.

Di segmen mobil LCGC ini, kedua mobil lansiran Astra International Tbk dan mitranya asal Jepang ini menguasai pasar dengan total pangsa pasar 72 persen di periode Januari-Juli 2019. Total penjualan wholesales-nya tercatat 86.149 unit.

Sementara pada tahun lalu, keduanya meraih total pangsa pasar 73 persen dengan penjualan 170.935 unit. Tentu saja Astra Toyota Calya yang paling besar kontribusinya.

New Calya dan Sigra yang dirilis pada 2016 ini dipastikan mengalami minor change pada hari ini, Senin (16/9).

Menurut undangan yang diterima Merdeka.com, New Sigra meluncur lebih dulu ketimbang New Calya pada Senin pagi ini. Tempatnya di salah satu mal mewah di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Sedangkan, New Calya diluncurkan pada siang hari, di salah satu restoran di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, model Minor change biasanya terjadi pada bagian eksterior kendaraan. Hal serupa juga terjadi pada New Calya dan Sigra. Ubahan pada mesin juga tidak ada tampaknya.

Berdasarkan foto-foto yang beredar di media sosial, New Astra Toyota Calya tampil lebih menarik tampak depannya dengan desain baru pada gril dan bemper depan. Desain lampu kabutnya juga baru, kali ini cenderung vertikal demi memberi kesan sporty. Lampu utama tampak sudah menggunakan teknologi LED. Sementara pada bagian bodi tidak tampak perubahan. Begitu juga dengan garis-garis bodinya.

Di bagian belakang, perubahan tidak terjadi signifikan. Di bagian buritan ini, yang baru adalah bagian pembuka bagasi dipasang panel krom lebih panjang dari versi lawas. Tampak lebih bergaya.

Untuk saudara kembarnya, Astra Daihatsu Sigra, diperkirakan tidak jauh berbeda minor change-nya seperti New Calya.

Di segmen mobil LCGC ini, kedua mobil lansiran Astra International Tbk dan mitranya asal Jepang, ini menguasai pasar dengan total pangsa pasar 72 persen di periode Januari-Juli 2019. Total penjualan wholesales-nya tercatat 86.149 unit.

Sementara pada tahun lalu, keduanya meraih total pangsa pasar 73 persen dengan penjualan 170.935 unit. Tentu saja Astra Toyota Calya yang paling besar kontribusinya.

(mdk/sya)