Mobil Toyota yang Terbaik dari Sisi Fitur Keselamatan menurut ASEAN NCAP

OTOMOTIF | 16 November 2018 08:56 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Dalam acara ASEAN New Car Assesment Program for South East Asia Countries (ASEAN NCAP) GrandPrix Award 2018, Toyota dinobatkan sebagai yang terbaik dan berhak mendapat gelar penghargaan ASEAN NCAP Excellent Award The Most 5 Star Brand (2017-2018).

Acara ini dilakukan setiap dua tahun sekali, kali ini diadakan di kawasan Karawang, Jawa Barat, bersamaan dengan kegiatan ASEAN Automobile Safety Forum ke-10.

Penghargaan itu diberikan, karena fitur keselamatan untuk pengemudi dan penumpang yang disematkan pada mobil-mobil baru yang diluncurkan Toyota, paling banyak mendapatkan rating penilaian tertinggi atau 5 bintang NCAP dalam dua tahun berturut-turut, dibandingkan merek-merek lain yang dipasarkan di Indonesia.

Toyota Vios dan Rush berhasil mendapat ASEAN NCAP Excellent Award untuk Continous Safety Improvement. Sementara Toyota C-HR yang baru diluncurkan di Indonesia awal tahun ini juga sukses meraih ASEAN NCAP untuk kategori Best Adult Occupant Protection (AOP) Award dengan rating penilaian 5 bintang, setelah pada Mei lalu juga meraih penilaian tertinggi NCAP untuk kategori perlindungan pengemudi dan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP).

“Melakukan improvement terhadap produk dan fitur keselamatan pada setiap mobil baru yang diluncurkan ke pasar adalah bagian nilai tradisi Kaizen yang senantiasa kami pegang di Toyota. Kami bersyukur, apa yang kami lakukan tersebut mendapat apresiasi tinggi dari berbagai kalangan termasuk dari ASEAN NCAP. Memberikan perlindungan keselamatan yang optimal bagi pengemudi dan penumpang mobil adalah wujud semangat kami menghadirkan Ever Better Cars kepada pelanggan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

New Car Assessment Program (NCAP) merupakan program penilaian terhadap perlindungan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang dari sebuah mobil baru. ASEAN NCAP GrandPrix Award bertujuan untuk memberikan penghargaan atas pencapaian prestasi yang tinggi dalam memperhatikan aspek keselamatan dari mobil-mobil yang dipasarkan di kawasan ASEAN.

All New Toyota Rush ©2018 Merdeka.com

Selain penilaian terhadap kendaraan (vehicle assesment) yang menjadi nominasi, ASEAN NCAP Grand Prix juga memberikan penilaian terhadap keunggulan riset dan penerapan teknologi keselamatan yang dilakukan serta diterapkan untuk mobil-mobil nominasi. Serangkaian uji tabrak (crash test) dilakukan terhadap mobil-mobil nominasi untuk mengetahui tingkat perlindungan terhadap keselamatan pengendara dan penumpang dewasa (AOP), pengendara dan penumpang anak-anak (COP), serta kelengkapan perangkat pendukung keselamatan (safety assist) yang dimiliki.

Wujudkan Peace of Mind

PT Toyota-Astra Motor (TAM) terus berupaya agar mobil-mobil yang dijualnya bisa mendapatkan rating penilaian NCAP tertinggi. Penghargaan ASEAN NCAP GrandPrix 2018 Award untuk kategori Best AOP yang diraih Toyota C-HR menambah deretan mobil-mobil Toyota yang telah meraih rating penilaiaan NCAP tertinggi tersebut.

Dalam ajang serupa yang digelar pada 2016, lima mobil Toyota sukses mendominasi perolehan penghargaan ASEAN NCAP Grand Prix untuk kategori Vehicle Assesment Award. Selain Toyota Agya yang berhasil meraih predikat Best COP dan Best AOP, serta Rush dengan predikat Best COP, penilaian rating 5 bintang NCAP juga sukses diperoleh Toyota Sienta dengan predikat Best AOP, Kijang Innova Best COP, serta Hilux untuk Best COP.

Berbagai penyempurnaan terus dilakukan Toyota untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Improvement juga memberikan peace of mind sekaligus keamanan dan keselamatan serta kenyamanan berkendara bagi para penumpang mobil Toyota.

“Sejalan dengan semangat Let's Go Beyond, kami senantiasa menerapkan semangat continous improvement Toyota untuk selalu memberikan yang lebih baik kepada pelanggan dimana Toyota tetap memprioritaskan unsur keamanan dan keselamatan dalam berkendara, termasuk menghadirkan fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan agar pelanggan mendapatkan kepuasan melebihi ekspektasi mereka," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto. (mdk/sya)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.