Momen Suzuki yang hilang, dari Shogun 110 ke Smash

Momen Suzuki yang hilang, dari Shogun 110 ke Smash
OTOMOTIF | 9 Januari 2014 15:51 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Suzuki dikabarkan kembali mengalami penurunan penjualan pada 2013 ini. Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa penjualan Suzuki pada 2011 sendiri mencapai 494.481 motor. Namun, pada 2012, penjualan roda dua mereka berkurang menjadi 465.630 unit, dan pada 2013 merosot lagi menjadi 393.803 unit.

Banyak hal diakui perlu dibenahi. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah momen-momen yang kurang digarap dengan baik oleh pihak pemasarnya sendiri. Seperti misalnya hilangnya momen penjualan Suzuki Shogun 110 yang dialihkan menjadi Smash.

"Saya pikir kejadian seperti itu menjadi input. Ketika saya bergabung di roda dua per November kemarin, saya mencoba menata kembali. Apa sih yang dulu-dulu itu pernah berjaya, apa yang ke depannya kita bisa dorong ke sana," ujar Deputy Division Head 2W Sales & Marketing Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho.

Suzuki Shogun 110 sendiri menjadi andalan dengan citra sebagai motor bebek yang sporty. Namun hal itu beralih ketika Suzuki Indonesia pada tahun 2002-2003 menggantikannya dengan Smash yang lebih ditekankan sebagai 'kuda pekerja' dengan tagline 'si gesit irit'.

Walau terus hadir dari generasi ke generasi, dengan berbagai perubahan termasuk pada desain bodi, hingga ukuran bagasi, kehilangan publik terhadap sosok sporty Shogun masih menggantung. Hal ini pun menjadi PR baru Suzuki dalam menata kembali strategi pemasaran mereka.

(kpl/why/sno)


Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami