New Audi RS 4 Avant Dirilis Rp 2,7 Miliar: Station Wagon Paling Bertenaga!

New Audi RS 4 Avant Dirilis Rp 2,7 Miliar: Station Wagon Paling Bertenaga!
New Audi RS 4 Avant meluncur di Indonesia. ©2021 Merdeka.com
OTOMOTIF | 16 September 2021 18:29 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - PT Garuda Mataram Motor, agen pemegang merek Audi di Indonesia, memperkenalkan New Audi RS 4 Avant, station wagon paling bertenaga dengan tampilan semakin sporty. Jantung pacunya V6 2,9 liter dengan Twin-turbo yang mampu menyuguhkan semburan tenaga hingga 450 ps dengan torsi 600 Nm.

New Audi RS 4 Avant dipasarkan di Indonesia Rp 2,79 miliar (on–the-road Jakarta).

Andrew Nasuri, President Direktur PT Garuda Mataram Motor, menjelaskan meski mengusung berbagai kehebatan mobil sport, New Audi RS 4 Avant tetap memberikan manfaat berkendara harian seperti Audi A4 Avant sebagai basis modelnya. Kapasitas bagasinya mencapai 495 liter, yang dapat meningkat menjadi 1.495 liter. Pintu bagasi serta cover penutup bagasinya dapat beroperasi secara elektronik.

“Mengombinasikan nilai-nilai yang ada pada mobil sport dengan kepraktisan penggunaan sehari-hari menjadi salah satu ide berbeda yang ditawarkan oleh New Audi RS 4 Avant. Mobil ini menjadi salah satu konsep terbaik yang menjadi ciri khas Audi selama 25 tahun terakhir,” ujar Andrew dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/9).

Mobil station wagon ini ditawarkan di Indonesia dengan pelek forged alloy 10-spoke 19 inci berbalut ban 265/35 R19 sebagai pelek standar. Audi Indonesia juga menyediakan opsi desain pelek yang bisa menjadikan tampilannya makin berbeda. Tampilannya semakin keren dengan kaliper rem berwarna merah atau opsi rem keramik RS dengan kaliper merah atau Anthracite Gray.

Audi menawarkan delapan pilihan warna eksterior, yaitu Tango Red Metallic, Turbo Blue, Daytona Gray Pearl Effect, Navarra Blue Metallic, Sonoma Green Metallic, Glacier White Metallic, Nardo Gray dan Mythos Black Metallic.

Sumber Tenaga V6 Twin-Turbo

New Audi RS 4 Avant mengusung mesin bensin V6 2.9L TFSI Twin-Turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 450 ps dengan torsi maksimal 600 Nm. Torsi puncak ini dapat diraih dari 1.900 rpm hingga 5.000. Alhasil mobil ini mampu berakselerasi 0–100 km per jam hanya 4,1 detik.

Dengan paket dinamik RS, kecepatan maksimalnya dapat ditingkatkan dari 250 km per jam menjadi 280 km per jam. Mesin TFSI ini berbobot hanya 182 kg, yang artinya 31 kg lebih ringan dibandingkan mesin V8 yang digunakan generasi sebelumnya.

Efisiensi bahan bakarnya juga istimewa. Berdasarkan hasil pengujian WLTP terbaru, mobil ini menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 10,8 km per liter atau 9,2 liter per 100 km dengan emisi CO2 mencapai 211 gr per km. Konsumsi bahan bakar ini lebih hemat 17 persen dari model lawas.

Limpahan output dari mesin 2.9 liter TFSI ini diteruskan ke sistem penggerak empat roda permanen quattro yang dimiliki Audi melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic. Dalam kondisi pengendaraan normal sehari-hari, tenaga yang didistribusikan oleh centre differential secara mekanikal 60 persen ke poros roda belakang dan 40 persen ke roda depan.

Jika salah satu poros terdeteksi mengalami selip, maka sebagian besar tenaga akan dialihkan secara otomatis ke poros lainnya, hingga 70 persen ke poros depan atau 85 persen ke poros belakang melalui sistem kendali elektronik (ESC) dan kontrol traksi. (mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami