New Daihatsu Ayla Terinspirasi dari Mobil Konsep Ini

New Daihatsu Ayla Terinspirasi dari Mobil Konsep Ini
OTOMOTIF | 19 Maret 2020 15:48 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Astra Daihatsu Ayla model 2020 yang diluncurkan pada hari ini (19/3) ternyata terinspirasi dari mobil konsep Ayla Turbo. Mobil konsep ini pertama kali dipamerkan ke publik pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Mark Widjaja, Head of Styling Design Dept PT Astra Daihatsu Motor, menjelaskan New Ayla memang terinspirasi dari mobil konsep Ayla Turbo.

"Kami mendapat respons sangat positif terhadap Ayla Turbo saat dipamerkan di GIIAS dua tahun lalu, terutama dari sisi desainnya. Mereka ingin mobil konsep ini diwujudkan," ujar Mark saat menghadiri peluncuran virtual New Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion di Youtube Daihatsu Sahabatku, Kamis (19/3).

Kata Mark, selama itu (sejak 2018), Daihatsu Indonesia mengembangkan mobil konsepnya menjadi mobil produksi massal. Tentu saja ada penyesuaian-penyesuaian, supaya bisa menjadi produk massal.

"Tentu ada penyesuaian supaya dream comes true," ujarnya.

Desain Ayla Turbo yang paling diaplikasikan di New Ayla 2020 adalah gril besar yang dipadu black piano garnish.

Kemudian ada beberapa tambahan fitur lain, seperti interior didominasi warna hitam dengan desain floating center cluster, karena sistem AC menjadi digital semua, electric retractable mirror, serta backsonar dan parking camera (varian 1.2R).

Fitur keamanan juga ditambah dengan pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), khusus untuk varian tertinggi, 1.2R transmisi otomatis.

1 dari 1 halaman

Mobil Konsep Ayla Turbo

di giias 2018

2018 Merdeka.com

Mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Ayla Turbo tampil perdana di pameran GIIAS 2018. Sebagai mobil konsep, Ayla Turbo didesain sebagai racing sport entry hatchback.

MenurutPradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM, saat GIIAS dua tahun lalu, mengatakan Ayla Turbo dirancang untuk menunjukkan transformasi city car yang praktis dan lega menjadi mobil sporty dan racy.

Mengusung konsep "thrilling simplicity", setiap garis desain, bentuk, dan permukaan Ayla Turbo diperhitungkan dengan baik, sehingga memiliki performa yang lebih optimal.

"Mobil LCGC bermesin turbo ini dikembangkan tim Research and Development (R&D) PT Astra Daihatsu Motor. Ayla Turbo memiliki performa maksimal berkat mesin berkapasitas 1.2L dual VVT-i yang lebih bertenaga, dilengkapi dengan Low Compression Piston," ujarnya.

Ubahan pada modifikasi styling dan mesin menjadikan Ayla Turbo memiliki performa lebih bertenaga, irit bahan bakar, dengan emisi gas buang semakin baik. Ayla Turbo memiliki pelek lebih besar ukuran 15 inci supaya handling saat bermanuver pada kecepatan tinggi lebih stabil, tanpa mengurangi tenaga.

Konsep menarik lainnya, Ayla Turbo dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih rigid untuk meningkatkan kestabilan dan mencegah terjadinya body roll. Sebagai mobil konsep Racing Sport, Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yang dilengkapi dengan oil cooler untuk menghindari suhu pelumas yang terlalu panas.

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami