New Suzuki Jimny Rilis di GIIAS 2019, Harga Mulai Rp 315 Jutaan

OTOMOTIF | 18 Juli 2019 18:17 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Jimny terbaru pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (18/7). Peluncuran mobil SUV fenomenal ini lama dinantikan para pecinta off-road 4x4 di Tanah Air.

SUV Jimny generasi keempat ini memiliki keunggulan desain, mesin, dan fitur-fitur anyar. Harga on the road (OTR) Jakarta dimulai Rp 315,5 juta untuk varian single tone transmisi manual (MT). Rp 317,5 juta untuk varian two tone (MT), Rp 328 juta untuk varian single tone transmisi otomatis (AT), dan Rp 330 juta untuk varian two tone AT (varian termahal).

Jimny generasi keempat memiliki pilihan warna single tone yang terdiri dari Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green. Sedangkan two tone terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black pearl 3.

Seiji Itayama, Presiden Direktur SIS, mengatakan Jimny melegenda dan menjadi bagian dari sejarah otomotif Indonesia. Sejak diperkenalkan pada 1979, Jimny telah terjual lebih dari 130.000 unit dan menjadi bagian hidup masyarakat lewat ketangguhan dan performanya di berbagai medan off road.

"Eksistensi Jimny selalu menempati ruang di hati para penggemarnya dari masa ke masa. Untuk mengapresiasi para penggemar Jimny di Indonesia, hari ini kami meluncurkan Jimny generasi keempat yang menghadirkan fitur-fitur modern dan performa berkualitas, tapi tetap mewariskan keistimewaan identitas Jimny sebagai mobil off-road, ujar Itayama-san.

Pertama kali dipamerkan di GIIAS 2018, Jimny generasi keempat langsung mencuri perhatian masyarakat. Dengan panjang 3.265 milimeter (mm), lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm, mobil legendaris ini memiliki dimensi yang mampu menerjang berbagai medan.

Mesin K15B-nya yang ringan mampu menghasilkan tenaga 102 ps per 6.000 rpm dan torsi 130 NM di 4.000 rpm. Mesin Jimny generasi keempat ini menawarkan kemampuan off-road mutakhir untuk menghadapi dan mengeksplorasi tantangan dengan mode berkendara 2H, 4H, dan 4L.

Jimny anyar memiliki ground clearance setinggi 210 mm dengan radius putar 4,9 meter, sehingga memudahkan pengemudi saat harus bermanuver di area yang sulit ditempuh. Untuk membantu meredam guncangan saat berada di dalam mobil, Suzuki juga menambahkan kekuatan pada suspensi 3 link rigid axle yang dilengkapi coil spring dan disangga struktur Ladder Frame.

Saat menjelajahi medan menanjak/menurun, fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control bisa digunakan untuk menjaga kendaraan agar tidak meluncur. Di samping itu, terdapat juga 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang secara otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras. AC Auto Climate yang dilengkapi heater, ISOFIX, SRS Dual Airbag dan Immobilizer yang mengurangi risiko pencurian tetap menjadi fitur standar keamanan Suzuki yang juga diterapkan pada Jimny generasi keempat.

Perpaduan teknologi, fungsi, dan tampilan berkelas di Jimny generasi keempat, membuat mobil ini menerima dua penghargaan dari ajang World Cars Awards untuk kategori 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year.

(mdk/sya)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com