New Wuling Cortez: Pesona Sejati MPV yang Ramah di Kantong

New Wuling Cortez: Pesona Sejati MPV yang Ramah di Kantong
New Wuling Cortez 2022 dengan fitur WIND dan Internet of Vehicle (IoV). ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 31 Mei 2022 14:27 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mobil keluarga atau multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi favorit konsumen otomotif Indonesia. Banyak fungsi, muat hingga 7 orang, dan harga relatif cocok dengan kantong orang Indonesia menjadi alasan mobil MPV masih laris hingga kini.

Tahun lalu pasar mobil ini mencapai 202.010 unit kala pandemi. Padahal kalau kondisi pasar normal pasarnya bisa tembus 300 ribu unit.

Memang sih banyak mobil MPV beredar di pasaran. Namun, sedikit sekali yang menawarkan fitur tercanggih di kelasnya. Dari yang sedikit itu, ada Wuling Cortez. Bahkan MPV andalan Wuling Indonesia ini punya varian baru yang makin canggih fiturnya.

Ya, New Wuling Cortez makin canggih karena punya fitur perintah suara bernama Wuling Indonesian Command (WIND). Selain fitur perintah suara bahasa Indonesia pertama di kelas MPV, New Cortez juga ditambah fitur baru lainnya, yakni internet of vehicle (IoV). Lagi-lagi pertama di segmen medium MPV.

Menariknya, Wuling Cortez dengan dua inovasi fitur canggih itu dibanderol dengan harga terjangkau. New Cortez CE dijual Rp 287,3 juta (on the road Jakarta), tapi ada harga khusus yakni subsidi mandiri PPnBM, sehingga lebih murah: Rp 273,8 juta.

Sementara varian tertinggi, New Cortez EX, bisa dibawa pulang dengan harga subsidi PPnBM Rp 310,65 juta (dari seharusnya Rp 325,65 juta).
Tapi Cortez masih ada yang lebih murah loh, varian Cortez S, yang hanya Rp 270 juta!

Setelah tahu harganya yang sangat menarik, redaksi Merdeka.com meramu apa saja kelebihan dan manfaat dua fitur baru nan canggih di Wuling Cortez edisi 2022 ini.

2 dari 2 halaman

Dua Inovasi Fitur Canggih

new wuling cortez 2022 dengan fitur wind dan internet of vehicle iov

©2022 Merdeka.com

Pertama fitur WIND. Fasih dengan bahasa Indonesia termasuk ragam percakapan, Anda bisa memerintahkan kendaraan melakukan beberapa kegiatan dengan perintah suara. Misalnya menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan. Seperti menyalakan pendingin udara (AC), membuka/menutup jendela dan sun roof, serta akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi hingga informasi tanggal.

Dalam keterangan resmi Wuling Indonesia, fitur ini juga mengerti perintah suara dengan kalimat sederhana seperti "nyalakan radio" atau "saya kepanasan". Maka secara otomatis AC akan menyala dengan suhu rendah untuk mendingin kabin. Masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan dengan perintah suara bahasa Indonesia ini.

Kedua, fitur IoV. Inovasi teknologi ini membuat kendaraan dapat terhubung dengan ponsel Anda melalui aplikasi mobile MyWuling dengan dukungan jaringan internet.

Berkat IoV, Anda dapat mengoperasikan berbagai fitur canggih New Cortez secara remote lewat ponsel pintar. Berfungsi sebagai Vehicle Remote Control, mobil dapat dinyalakan mesinnya via ponsel, sekaligus mendinginkan kabin bila mobil parkir lama di ruang terbuka nan terik. Bisa pula untuk membuka/tutup jendela, mengunci pintu, dan menyediakan informasi terkini kendaraan.

Anda juga bisa segera menemukan lokasi mobil (bila lupa saat parkir di mal) berkat fitur Vehicle Positioning dari ponsel. Keren ya!

"New Cortez merupakan model kedua yang dilengkapi fitur IoV. Teknologi ini meningkatkan konektivitas pengemudi dan kendaraan melalui jaringan internet," ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, baru-baru ini.

Selain kecanggihannya, New Cortez juga meningkatkan kenyamanannya sebagai mobil keluarga yang cocok untuk keluarga Indonesia. Ini berkat pemasangan tray atau baki di bagian belakang jok depan plus tempat botol. Selain dapat menjadi tempat bersantap yang proper selama perjalanan, tray ini juga bisa digunakan sebagai "meja kerja" atau alas laptop Anda.

Kenyamanannya berpadu dengan kesan premium, berkat desain baru door trim dan jok berwarna lebih gelap. Door trim kini bergaya marmer hitam, yang selaras dengan joknya. Alhasil secara keseluruhan kabin New Cortez tampil lebih mewah.

Oya sisi performa, New Cortez masih mengusung mesin 1.5L turbocharged yang dipadukan transmisi CVT yang halus nan responsif. Dapur pacu ini sanggup melontarkan tenaga sebesar 140 hp di 5.200 rpm dengan torsi maksimum 250 Nm per 3.600 rpm. Dengan standar emisi Euro 4 loh.

Masih banyak fitur dan spek canggih lain di New Cortez. Alhasil, Wuling Cortez pantas jadi prioritas Anda yang mencari mobil MPV canggih tapi ramah di kantong!

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini