New Yaris Indonesia lebih fun to drive dari versi Thailand!

OTOMOTIF | 21 Februari 2018 11:36 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - New Yaris Indonesia yang diluncurkan hari ini (20/2) ternyata lebih menyenangkan dikendarai dibandingkan versi Thailand. Kok bisa?

"Di Indonesia, New Yaris 2018 dilengkai paddle shift dan sport mode switch untuk varian TRD CVT, sehingga fun to drive-nya lebih kuat," ungkap Akira Kasamatsu, Deputy Chief Engineer Toyota Motor Corporation, usai menghadiri peluncuran New Yaris di Jakarta, Selasa sore (20/2).

Kasamatsu-san menjelaskan, kegiatan riset dan pengembangan (R&D) New Yaris dilakukan oleh Toyota Motor Corporation di Jepang, dibantu Toyota Thailand. Kegiatan R&D ini dilakukan selama dua tahun. Khusus varian TRD Sportivo hanya dikembangkan untuk pasar Indonesia.

Kemudian pemerintah Thailand mengeluarkan regulasi eco-car, sehingga pihak Toyoto mengembangkan New Yaris sebagai eco-car dengan menggunakan mesin 1.200 cc, lebih rendah dari pilihan mesin 1.500 cc yang digunakan di Indonesia. "Maka itu, karakter fun to drive New Yaris Indonesia lebih kuat daripada New Yaris Thailand," ujarnya.

Kasamatsu-san mengaku mengunjungi banyak negara demi mengembangkan New Yaris ini. Berdasarkan riset tersebut, maka dikembangkanlah New Yaris untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara umum. Atas dasar itu, New Yaris memiliki beberapa selling point.

Pertama, desainnya emosional dan advanced, mulai dari desain eksterior dan interiornya. Kesan sporty dan sophisticated sangat kuat di sini.

Kedua, comfortable ride lewat desain ulang jok belakang dan kabin lebih senyap.

Ketiga, driving performance lewat fitur paddle shift dan sport mode switch di varian TRD Sportivo.

Keempat, fitur keamanan tertinggi di kelasnya berkat penyematan fitur vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) di semua variannya.

"Lengkapnya fitur keamanan di New Yaris, sebab kami ingin pengguna Indonesia mengalami peace of mind sesungguhnya," pungkasnya.

Baca juga:
New Yaris tampil nyentrik, harganya cuma naik Rp 3 juta
Begini wujud menakjubkan Toyota Yaris Heykers, penantang Honda BR-V!
Didesain orang Indonesia, ini keistimewaan New Yaris Heykers
Ada varian Heykers, Yaris ingin makin kuat di segmen hatchback
Ada varian Heykers, New Yaris dilepas mulai Rp 228-277 juta

(mdk/ega)