Nissan Sedang Tertekan, Indomobil Siap Tunjukkan Dukungan Terbaiknya

OTOMOTIF | 9 Agustus 2019 20:25 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Indomobil Nissan Datsun menargetkan memiliki 9 diler yang sudah mengadopsi Nissan Retail Concept (NRC) hingga akhir tahun ini. Saat ini mitra diler Nissan Indonesia sejak 2001 ini sudah memiliki enam diler yang mengusung konsep NRC.

"Target kami 9 diler mengusung NRC hingga akhir tahun ini dari saat ini enam diler. Tiga diler lagi ada di Nissan Datsun Sukamaju-Depok, TB Simatupang-Jakarta Selatan, dan Gading Serpong-Tangerang," ujar Susilo Darmawan, CEO Indomobil Nissan Datsun, saat dijumpai dalam peresmian diler Nissan Datsun Puri Indah, Jakata Barat, Jumat (9/8).

Peresmian diler Nissan Datsun berkonsep NRC di Puri Indah ini bersamaan dengan peresmian diler Nissan Datsun di MT Haryono-Jakarta, BSD-Tangerang, dan Cibubur.

Berapa investasi mengadopsi NRC di diler Indomobil Nissan Datsun?

Menurut Susilo, nilai investasi pembaruan diler di Puri Indah sekitar Rp 3,2 miliar, karena diler ini luasnya lebih dari 5.000 meter persegi. Namun, jika dirata-rata, nilai investasi enam diler yang mengusung konsep NRC adalah Rp 2,5 miliar per diler. Kecuali diler di Pekanbaru, Riau.

"Diler Nissan Datsun di Pekanbaru kami investasi dari awal alias membangun dari tanah kosong sehingga nilai investasinya lebih mahal, yakni Rp 20 miliar," katanya.

Menurut Susilo, perubahan diler dengan memakai konsep NRC merupakan bentuk komitmen dan dukungan tertinggi pihaknya kepada prinsipal (Nissan) untuk mendukung langkah-langkah yang dilakukan prinsipal.

Seperti pada periode 2018-2019, prinsipal Nissan sudah meluncurkan empat mobil baru di Indonesia, yakni New Nissan Terra, All New Serena, All New Livina, dan New X-Trail. Kemudian merilis program paket gratis komponen dan servis selama 4 tahun atau setara 50 ribu kilometer.

Dalam dua tahun terakhir, penjualan Nissan Indonesia terus menurun sehingga pangsa pasarnya tergeser oleh pemain baru, pabrikan otomotif asal China. Situasi dan kondisi (sikon) Nissan memang dalam tekanan saat ini.

"Jika produknya bagus, maka cara penyajiannya pun harus bagus. Kami harus saling mendukung dalam kondisi dan situasi apa pun. Indomobil Nissan Datsun memberikan layanan terbaik dalam sitausi apa pun. Kami hadir di sini, tidak tanggung-tanggung, kami dukung dari sisi ritelnya," ucapnya.

Indomobil Nissan Datsun sudah bermitra dengan PT Nissan Motor Indonesia sejak 2001 alias 18 tahun silam.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT
BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com