OLX Autos Bangun Optimisme Pasar Mobil Bekas Kala Pandemi

OLX Autos Bangun Optimisme Pasar Mobil Bekas Kala Pandemi
OLX Autos Indonesia. ©2020 Merdeka.com
OTOMOTIF | 28 Mei 2021 10:13 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pasar mobil bekas di Tanah Air masih tumbuh meski ada pandemi dan pemerintah sempat melarang mudik serta memberikan kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil baru. Singkatnya, penjualan mobil bekas masih bagus, meski tidak sebagus bila dibandingkan sebelum pandemi.

"Secara umum, pasar mobil bekas tahun ini lebih baik dari awal-awal pandemi. Sebelum pandemi, kami bisa menjual 4 unit mobil per pekan, kemudian pandemi datang, penjualan turun menjadi 1 unit per pekan. Kini mulai pulih, paling tidak bisa menjual 2-3 unit per pekan," kata Johnny Widodo, CEO OLX Group Indonesia, dalam diskusi virtual bertajuk OLX Autos #GampangnyaPasti bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT), kemarin (27/5).

Johnny mencontohkan penjualan mobil bekas saat periode Lebaran tahun ini masih bertumbuh. Mobil multipurpose vehicle (MPV) masih yang terlaris di platform OLX Autos.

"Penjualan kendaraan MPV masih merajai pasar. Lebih banyak masih dari Toyota Avanza, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, dan sebagainya," ujarnya.

OLX Autos merilis kampanye baru #GampangnyaPasti pada bulan lalu. Kampanye ini dihelat untuk kembali menginformasikan kepada pengguna soal kemudahan dan kenyamanan bertransaksi jual-beli mobil bekas di platform OLX Autos, sehingga membantu penguna menjual dan menemukan mobil bekas berkualitas terbaik secara lebih mudah.

Kampanye ini juga diluncurkan sebagai bentuk solusi dari keluhan pelanggan yang menginginkan kemudahan, kenyamanan, dan yang masih kesulitan melakukan transaksi. Harapannya, OLX Autos dapat mendorong masyarakat untuk menjual maupun membeli mobil bekas berkualitas.

"Kampanye #GampangnyaPasti berikan convenience, rasa nyaman, serta aman pada setiap transaksi yang dilakukan pada platform kami," jelas Johnny.

OLX Autos adalah platform jual-beli mobil dengan menawarkan tiga solusi andalan, yakni Jual Mobil Instan, Jual-Beli dan Tukar-Tambah, dan Authorized Dealer.

Untuk Solusi Jual Mobil Instan, OLX utos hadir di 100 lokasi di 9 kota besar, punya home inspection service, proses penjualan aman dan nyaman, serta pembayaran dilakukan langsung.

Sementara solusi Jual-Beli dan Tukar-Tambah, OLX Autos memiliki banyak garansi seperti mobil bekas berkualitas karena lulus inspeksi oleh tim ahli, 30 hari garansi mesin, gratis pearwatan aftersales, dan 7 hari garansi pembelian kembali.

olx autos rilis kampanye gampangnyapasti

©2021 Merdeka.com

Tantangan Jual-Beli Mobil Bekas

Berdasarkan riset OLX Autos bertajuk “Individual Seller Segmentation”, pandemi juga masih membuat konsumen membutuhkan tambahan dana, sehingga melepas aset yang mereka miliki, tidak terkecuali mobil. Sebanyak 39 persen pelanggan melepas aset mobil dengan alasan ada “kebutuhan” mendesak untuk keperluan keluarga.

Sebesar 29 persen pelanggan menjual mobil untuk upgrade dan mempunyai keinginan untuk memiliki mobil yang lebih baik dari mobil sebelumnya. Selama proses ini, mereka menghadapi tantangan tersendiri.

Sekitar 36 persen penjual mengatakan bahwa menjual mobil menghabiskan terlalu banyak waktu dan 57 persen penjual memiliki kendala saat proses negosiasi, seperti tidak mencapai kesepakatan atau kecocokan harga. Sementara 58% pembeli menyatakan bujet mereka terbatas, dan sebanyak 38 persen mengatakan mereka belum bisa menemukan mobil yang pas. (mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami