Pakai Kandungan Ester, Oli X-Ten Sanggup Dipakai hingga 5.000 Km

Pakai Kandungan Ester, Oli X-Ten Sanggup Dipakai hingga 5.000 Km
oli sepeda motor X-Ten miliki kandungan ester. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 28 Januari 2022 07:50 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Untuk merawat sepeda motor, penggantian oli sangatlah penting. Tapi, ingat, penggantian oli tidak boleh sembarangan. Maka itu, pengguna motor harian pun juga harus tahu cara menentukan kualitas oli agar mesin motor tahan lama dan performanya tetap terjaga.

Salah satu pilihan oli motor di pasar yang bisa dibeli adalah oli X-Ten dari PT Surganya Motor Indonesia. Oli mesin ini dikenal sebagai oli tahan lama. Caranya dengan memakai ester sebagai bahan dasar yang membuat tarikan entengnya tahan lama, olinya tahan lama, dan melindungi mesin tahan lama.

Wisnu Satriya, Kadiv Product and Service Development PT Surganya Motor Indonesia, mengatakan oli X-Ten punya kandungan ester yang mencegah komponen mesin motor dan mobil dari kerusakan. Sehingga usia pakai komponen di mesin lebih lama.

“Kandungan esternya membersihkan sisa karbon yang menempel pada mesin. Karena oli X-Ten mampu mengikis habis sisa-sisa karbon tersebut dan efeknya tentu membuat tarikan mesin motor enteng kembali,” kata Wisnu dalam rilisnya, kemarin.

Dia menjelaskan, bahkan oli X-Ten juga berfungsi membentuk lapisan pelindung pada mesin. Ester memiliki banyak sekali kelebihan dibanding bahan baku oli mineral atau full sintetik lain. Pasalnya, ester membuat mesin lebih tahan panas membentuk lapisan pelindung mesin yang membuat mesin tahan lama dan berpengaruh terhadap kehematan bahan bakar.

Dengan formula ester, setelah diuji coba di laboratorium independen terkemuka, oli X-Ten untuk motor bisa digunakan sampai 5.000 km, sedangkan untuk mobil mencapai 15.000 km tanpa mengurangi kualitas oli tersebut.

Mengenai kualitas dan keamanannya, Oli X-Ten diklaim aman digunakan dan bermutunya dengan sertifikasi SNI dan JASO. Bahkan untuk pengguna motor big matic, X-Ten juga berinovasi dengan merilis oli X-Ten khusus untuk motor matic 150 cc, yakni X-Ten Double Ester Matic.

Seorang pengguna oli X-Ten bernama Firma mengaku dirinya biasa mengganti oli di kisaran jarak 4.000-5.000 km.

“Di kisaran 5.000 km, olinya masih terasa baru ganti oli. Bahkan pernah saya pakai sampai 3 bulan, olinya masih kental. Olinya bagus, semakin panas mesin, bukan semakin lemah tenaganya, tapi malah semakin top, cocok buat cari nafkah jarak jauh,” katanya.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami