'Paket' New Xenia 1.5 Tidak Semenarik New Avanza dan Xpander
OTOMOTIF | 6 Februari 2019 15:13 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Grand New Daihatsu Xenia bermesin 1.500 cc pada medio Januari lalu. Model anyar Xenia ini dilansir demi perayaan 15 tahun mobil keluarga Xenia mengaspal di Indonesia.

Inilah tipe tertinggi (baca: termahal) Xenia yang bertajuk "mobil sejuta umat" bersama kembarannya, Toyota Avanza. New Xenia 1.5 dibanderol Rp 218 jutaan untuk transmisi manual (on the road Jakarta), sedangkan transmisi otomatis Rp 228 jutaan.

Dengan spek mesin 1.500 cc dan harga jual tembus Rp 200 juta, New Xenia 1.5 sah bersaing dengan Mitsubishi Xpander, All New Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, bahkan saudaranya sendiri, Toyota Avanza/Veloz.

Problemnya, para pesaing tersebut memiliki fitur lebih advance dibandingkan New Xenia 1.5. Contoh New Xenia 1.5 terlihat 'jadul' dibandingkan kompetitor adalah New Veloz dan Xpander membawa fitur smart entry dan smart start/stop engine button. Bahkan di New Veloz fitur tersebut berada di semua tipe baik tipe 1.3 maupun 1.5.

New Veloz juga lebih lengkap dibandingkan New Xenia 1.5, seperti fitur entertainment di baris kedua, follow me home light, dan sebagainya. Sedangkan fitur keselamatan Xpander lebih lengkap, meski berada di tipe atas Sport dan Ultimate, dengan fitur emergency stop signal system (ESS), hill start assist (HSA), dan active stability control (ASC). Ini belum bicara desain Xpander yang mendobrak desain small MPV di Tanah Air.

Maka itu, tak heran bila salah satu mitra diler Daihatsu mengaku 'paket' New Xenia 1.5 kurang menarik dibandingkan model lain di segmen MPV 1.5. Apalagi harga jualnya juga tinggi di atas Rp 200 juta.

"Ya, paket Xenia 1.5 kurang menarik, karena harganya sudah menempel Avanza dan Xpander. Terlalu berat persaingannya. Maka itu, kami memang tidak terlalu fokus pada Xenia 1.5 dan kelihatannya secara produksi juga tidak besar di Xenia 1.5," ujar petinggi diler Daihatsu itu kepada Merdeka.com, baru-baru ini.

Menurut sumber itu, secara umum model Xenia masih menjadi andalan di jaringan dilernya. Namun, kini backbone-nya sudah bergeser dari Xenia ke Sigra.

"Kami sendiri menargetkan tahun ini penjualan naik sedikit dari tahun lalu, sekitar 4 persen. Model backbone-mnya adalah Sigra, Gran Max, Terios, dan Xenia," pungkasnya.

Soal spek dan fitur New Xenia 1.5 yang kurang lengkap ini, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, sebelumnya menjelaskan bahwa sebagai pabrikan ADM bisa saja memproduksi New Xenia 1.5 dengan fitur lengkap seperti New Veloz. Namun, dengan pertimbangan marketing dan diferensiasi produk, hal itu tidak dilakukan.

"Lebih ke strategi marketing supaya berbeda dengan Avanza. Tapi kalau ditanya, kami siap produksi dengan fitur lengkap,"ujarnya.

grand new xenia 1.5 2019 Merdeka.com

Hanya 10 Persen

ADM menargetkan total penjualan New Xenia naik 20 persen menjadi 3.000 unit per bulan. Kontribusi model 1.5 sekitar 10 persen terhadap total penjualan tersebut.

Amelia Tjandra menjelaskan, New Xenia 1.5 diproduksi bagi pengguna Xenia yang ingin up-grade ke mesin lebih besar. Kami menyasar kepada konsumen Xenia yang sudah naik kelas.

Sebagai tipe termahal, Xenia 1.5 memiliki semua fitur yang ada di New Xenia 1.3 R Deluxe plus fitur-fitur utamanya:

1. Mesin tipe 2 NR-VE DOHC dual VVT-i

Mesin ini sama dengan mesin yang digunakan pada All New Daihatsu Terios yang dirilis November 2017. Mesin ini sudah mengadopsi teknologi drive by wire. Tenaga maksimumnya 104 ps di 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 13,9 kgm di 4.200 rpm.

2. Fitur keamanan aktif
Grand New Xenia 1.5 sudah memiliki fitur keamanan aktif, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Sebab hanya tersemat dua fitur, yakni Antilock Brake System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD).

3. Sensor front corner
fitur ini berfungsi mengeluarkan bunyi bila sudut depan mobil mendekati sesuatu untuk menghindari benturan atau tabrakan.

4. Sistem audio
Audio di New Xenia 1.5 sudah dobel DIN dengan layar sentuh, dengan koneksi Bluetooth, USB, dan smartphone. Sistem audio ini juga sudah terkoneksi dengan kamera belakang sehingga saat parkir lebih mudah dan nyaman.

5. Pelek polish Alloy wheel
Demi kesan sporty, Grand New Xenia memakai ban standar ukuran 14 inci dengan pelek polish alloy wheel.

(mdk/sya)