Pameran Kendaraan Niaga Nasional Ini Juga Kampanyekan Safety

Pameran Kendaraan Niaga Nasional Ini Juga Kampanyekan Safety
pameran kendaraan niaga GIICOMVEC 2020. ©2020 Merdeka.com
OTOMOTIF | 26 Februari 2020 07:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Kecelakaan lalu lintas masih menjadi momok di Indonesia berdasarkan statistik Korlantas Polri. Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2019, Indonesia menempati urutan ketiga dunia dalam hal korban meninggal terbanyak akibat kecelakaan lalu lintas.

Dari seluruh jenis kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan, di kendaraan komersial tercatat bus dan truk yang lebih banyak terlibat dalam kecelakaan. Pada 2018 tercatat lebih dari 3 ribu kecelakaan yang melibatkan truk.

Bagi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), keselamatan bukan menjadi pilihan tapi merupakan keharusan. Oleh karena itu, Gaikindo terus mendorong kesadaran berkendara. Topik keselamatan juga menjadi fokus yang diserukan Gaikindo lewat pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Expo (GIICOMVEC) 2020 pada 5-8 Maret di JCC Senayan.

“Kami ingin tekankan lagi dalam pameran ini tentang keselamatan berkendara, kami ingin mendeklarasikan Indonesian land transportation towards zero fatality, ataupun kami ingin jangan ada lagi kecelakaan yang membuat korban jiwa,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, dalam keterangan resminya, kemarin.

Yohannes menekankan bahwa Gaikindo mengimbau seluruh peserta pameran GIICOMVEC 2020 menampilkan produk yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Perhubungan RI. Mulai dari kesesuaian tipe kendaraan dengan peruntukannya dan ketersediaan alat keselamatan wajib akan ditampilkan untuk para pebisnis yang hadir. Harapannya para pebisnis juga akan mendapatkan sosialisasi tepat tentang pentingnya menggunakan produk yang sesuai dengan standarisasi keselamatan kendaraan komersial.

Baca Selanjutnya: Bisnis Berwawasan Lingkungan...

Halaman

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami