Pasar Xpander Kian Seksi di Jabodetabek, Mitsubishi Tambah Diler di Tajur, Bogor

OTOMOTIF | 22 April 2019 16:39 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mitsubishi Motors Indonesia meresmikan diler ke-4 di Tajur, Bogor, Jawa Barat, pada Senin (22/4). Pengoperasian diler ini didorong tingginya pasar small MPV di Bogor dan kawasan Jabodetabek pada umumnya.

Berdasarkan data PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mobil small MPV Mitsubishi Xpander mendapatkan penerimaan pasar cukup baik di wilayah Tajur dengan pangsa pasar 28 persen periode Januari-Maret tahun ini. Begitu juga dengan SUV Pajero Sport yang berhasil meraih pangsa pasar 66,7 persen di Tajur pada periode sama.

Sedangkan di wilayah Bogor ada peningkatan pangsa pasar Pajero Sport Sport sebesar 13 persen pada periode Januari–Maret 2019 dibandingkan periode sama tahun lalu. Hasil positif juga dicapai oleh kendaraan niaga ringan Mitsubishi L300 yang memimpin pangsa pasar sebesar 87,1 persen di Bogor.

Budi Daulay, Deputy Group Head Sales and Dealer Management Area 1 MMKSI, menjelaskan wilayah Bogor berkontribusi 10 persen terhadap total penjualan Mitsubishi di Jabodetabek.

"Jumlah ini cukup besar. Dengan populasi mobil Mitsubishi yang juga semakin besar di Bogor, maka kami merasa perlu penambahan layanan purnajual," ujar Budi yang dijumpai usai peresmian diler PT SUN Star Prima Motor-Tajur, Senin (22/4).

Setia Hariadi, Head of 3S Network Development Department MMKSI, menambahkan alasan pembangunan diler baru di Tajur ini. Kata dia, wilayah Bogor memiliki area yang sangat luas, baik kota maupun kabupaten. Kemudian pasar mobil small MPV di wilayah ini selama setahun mencapai 6.600 unit.

"Dengan potensi tersebut, kami menargetkan penjualan small MPV Xpander 30 persen di Bogor, setara 160 unit per bulan. Maka itu, kami membangun diler keempat di Bogor ini," ucapnya pada kesempatan sama.

Kata Hariadi, pada tahun fiskal 2019 yang dimulai April 2019 hingga Maret 2020, pihaknya menargetkan membangun 10 diler baru sehingga total dilernya akan menjadi 153 diler. Meski hanya ekspansi 10 diler, pihaknya memperbesar ekspansi di fasilitas resmi bodi dan cat. Targetnya 20 outlet baru.

©2019 Merdeka.com

Investasi Rp 44 Miliar

Diler baru Mitsubishi di Tajur, Bogor, ini dibangun dengan total investasi Rp 44 miliar.

Rudi Rimawan, GM Operation PT Sun Star Prima Motor, investasi tersebut terdiri atas investasi tanah Rp 31 miliar, bangunan Rp 10 miliar, perlengkapan dan furnitur sekitar Rp 3 miliar.

"Target penjualan diler Tajur ini 50 unit per bulan. Namun, pada tahun ketiga, targetnya akan ditambah menjadi 100 unit per bulan. Ini berdasarkan kinerja diler pertama kami di daerah Yasmin Bogor yang mencatat penjualan 100 unit per bulan setelah mencapai usia tiga tahun," ujarnya.

Diler Mitsubishi SUN Star Prima Motor-Tajur merupakan diler dengan layanan 3S (sales, service, and spare parts) khusus kendaraan penumpang. Ini diler kendaraan penumpang Mitsubishi ke-4 di Bogor, tepatnya di Jalan Raya Tajur No 62 Pakuan, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Dibangun pada bidang seluas 3.146 meter persegi dengan luas bangunan 2.125 meter persegi. Area showroom seluas 446 meter persegi dan workshop 1.240 meter persegi.

Sebagai diler khusus kendaraan penumpang dengan fasilitas 3S, Mitsubishi SUN Star Prima Motor - Tajur memiliki layanan penjualan yang lengkap dan nyaman. Meliputi display car, sales consultant, dan sales lounge. Diler ini juga menyediakan fasilitas test drive untuk memberikan kesempatan bagi calon konsumen untuk merasakan langsung impresi berkendara dengan line-up kendaraan penumpang Mitsubishi.

Diler Mitsubishi SUN Star Prima Motor - Tajur memiliki kapasitas perbaikan kendaraan hingga 28 kendaraan per hari yang ditunjang dengan 6 stall untuk fasilitas servis umum, 1 stall inspection line dan 2 stall Mitsubishi Quick Pit (MQP), yaitu layanan perbaikan ringan dengan waktu kurang dari 60 menit khusus kendaraan penumpang, yang meliputi pemeriksaan secara umum seperti pembersihan air filter, penggantian oli kendaraan, dan sebagainya.

Selain layanan service booking, juga tersedia layanan HSK (Home Service Kit) bagi konsumen dalam kondisi mendesak yang membutuhkan service di lokasi tertentu. Dealer ini juga siap memenuhi kebutuhan konsumen akan ketersediaan suku cadang lini kendaraan penumpang Mitsubishi.

Diler SUN Star Prima MotorTajur telah mengaplikasikan konsep identitas visual terbaru dari Mitsubishi Motors sebagai implementasi tagline global Drive your Ambition. Pengembangan standar diler terkait identitas visual baru Mitsubishi Motors, antara lain terdapat pada poin-poin dan fasilitas berikut: Dynamic Slope, Hero Car Display, Sales Lounge, Bentuk Logo Mitsubishi Motors, Oak Wood Pattern pada beberapa zona (sales counter, reception dan service lounge)

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT