Pebalap Indonesia, helm saja sampai dibawain

Pebalap Indonesia, helm saja sampai dibawain
OTOMOTIF | 11 Oktober 2013 11:51 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Yamaha Indonesia mengaku ingin mengubah kultur para pembalap di Tanah Air melalui Yamaha Riding Academy 2013. Dalam pandangannya, Saeful Anwar, Koordinator Yamaha Riding Academy Divisi Motorsport Yamaha Indonesia, menyebut bahwa fokus pendidikan itu salah satunya dengan membuat mereka tidak terlalu tergantung pada orang lain.

Saeful berseloroh, saking tergantungnya pada orang lain, ada pembalab yang sampai dibawakan helm saat akan membalap.

"Kita bisa lihat pembalab lokal. Helm aja sampai ditentengin mekanik kan, lalu ada kru. Apalagi buat ngelap ban, setting suspensi. Itu yang kita mau. 'Apa yang kamu bisa kerjakan, ya kerjakan sendiri'. Kalau kita kerjakan sendiri, akan lebih teliti daripada orang lain kerjakan untuk kita. Tapi kalau ganti ban, ganti oli, ya itu sudah kerja mekanik," katanya.

Banyak detail yang perlu diajarkan termasuk sekadar mencatat apa-apa saja yang dirasa kurang dalam mengendarai motor saat balapan.

"Kita kerja, cara kerja pembalab itu seperti apa sih. Yang catat sendiri, nah itu yang kita mau. Di situ dulu. Kalau sudah terbiasa, baru kita ke step riding-nya. Jadi tidak mau loncat, tapi pelan-pelan," ujarnya.

Yamaha Riding Academy 2013 YRA Gold akan dilaksanakan di dalam dan luar negeri. Di dalam negeri atau lokal sudah dilaksanakan pada 18-20 Juli dan 9-10 Oktober di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat. Adapun YRA Gold International di Sugo Circuit, Jepang, pada 23-25 Oktober. Sebanyak sepuluh pembalab menjadi peserta Yamaha Riding Academy.

(kpl/nzr/sdi)

TOPIK TERKAIT
more tag

Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami