Penjualan Renault Triber Transmisi Otomatis Mundur ke September dari Juni

Penjualan Renault Triber Transmisi Otomatis Mundur ke September dari Juni
OTOMOTIF | 19 Mei 2020 21:26 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Agen pemegang merek Renault di Indonesia, PT Maxindo Renault Indonesia, segera memasarkan mobil MPV Renault Triber varian transmisi otomatis pada tahun ini. Saat ini Renault Triber yang dipasarkan Indonesia seluruh tiga variannya memiliki transmisi manual.

Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Maxindo Renault Indonesia, menjelaskan rencananya varian transmisi otomotis (versi AMT) tiba di pasar Indonesia pada akhir Juni. Namun, rencana tersebut bergeser setelah terjadi pandemi global Covid-19.

"Begitu ada pandemi, pabrik Renault tutup di dunia, termasuk Renault India yang menjadi basis produksi Renault Triber Indonesia. Karena Renault India tutup, maka rencana (versi AMT) pun mundur di indonesia. Oleh karena itu, kami komunikasi ke India supaya bisa mempercepat pengiriman Triber versi AMT di Indonesia," ujar Davy dalam diskusi online, kemarin.

Davy memberikan gambaran produksi Triber di India yang melakukan karantina wilayah (lockdown) akibat pandemi ini. Gambaran besarnya, Triber AMT akan diproduksi pada Agustus di India.

Kemudian pada akhir Agustus, model ini akan dikirimkan ke negara tujuan seperti Indonesia. Dan diperkirakan Renault Triber versi AMT dipasarkan awal September di Indonesia.

"Kami mengharapkan bisa lebih cepat datangnya, karena banyak peminatnya," ujarnya.

Menurutnya, pengunduran waktu pemasaran Triber AMT ini murni karena faktor kesiapan negara eksportirnya (India), karena di Indonesia sendiri tidak ada kendala berarti.

1 dari 1 halaman

Renault Triber Versi AMT Diluncurkan di India

peresmian global renault triber di new delhi

©2019 Merdeka.com/renaultindia

Kemarin (18/5), Renault India telah meluncurkan Triber versi AMT dengan harga mulai 6,18 lakh rupee hingga 7,22 lakh rupee. Di Negeri Bollywood ini, Triber AMT tersedia dalam tiga varian, yakni RXL, RXT, dan RXZ.

Dibandingkan versi transmisi manual, Triber transmisi otomatis (AMT) lebih mahal 40 ribu rupee, dikutip dari autocarindia.com.

Triber AMT menggunakan transmisi otomatis 5-percepatan tanpa perubahan di sisi dapur pacu dengan kemampaun tenaganya tetap 72 hp dengan torsi 96 Nm.

Di India, pesaing terdekat Renault Triber adalah Datsun Go Plus yang memiliki harga jual antara 4,22-6,90 lakh rupee. Namun Datsun Go Plus memiliki transmisi otomatis CVT.

Dari sisi harga jual dan dimesni, Triber juga memiliki pesaing lain, yakni Hyundai Grand i10 Nios, Maruti Suzuki Swift, dan Ford Figo.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami