Penuhi permintaan pasar, Toyota pajang 30 unit display di GIIAS 2016

OTOMOTIF | 12 Agustus 2016 18:05 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Dalam tema 'Here For A Wonderful Tomorrow,' PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengundang kehadiran pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 untuk melihat dan merasakan berbagai produk andalan dengan desain dan teknologi terdepan yang dikembangkan Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pada pameran akbar otomotif bertaraf internasional yang berlangsung pada 11—21 Agustus 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang ini, tidak kurang 30 unit display yang dihadirkan di booth Toyota seluas 3.089 m2, mulai dari segmen new entry sampai premium, termasuk tiga kendaraan special exhibit—Toyota Mirai, mobil konsep FCV Plus dan crossover C-HR yang dikembangkan dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA)—serta pendatang baru di segmen MPV Toyota, All New Calya yang mengusung tagline 'A Wonderful Surprise.' Mobil-mobil yang ditampilkan Toyota tersebut mewakili semangat Let's Go Beyond yang terbukti mendapat respon positif masyarakat seperti terlihat dari kinerja penjualan yang positif.

GIIAS 2016 All New Sienta ©2016 Merdeka.com

"Sejak awal di Indonesia 45 tahun lalu, Toyota berupaya terus meningkatkan kontribusi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan industri otomotif. Kini dalam semangat Let's Go Beyond, Toyota tidak semata-semata memberikan produk terbaik, tapi juga sekaligus menawarkan produk untuk memenuhi berbagai dinamika kebutuhan seiring dengan perkembangan berbagai teknologi, desain termasuk lifestyle," kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Hiroyuki Fukui.

Toyota Indonesia lanjut Fukui, telah tumbuh dan berkontribusi bagi berbagai kemajuan melalui sektor otomotif antara lain dengan mengembangkan mobil yang diproduksi di Indonesia. Tidak hanya menyerap local content yang tinggi hingga 94 persen, mobil Toyota juga mampu memenuhi 35,4 persen pemenuhan kebutuhan pasar.

"Begitu juga dengan produk lainnya yang juga diproduksi di Indonesia seperti Fortuner, Avanza, dan Veloz yang menjadi produk terpopuler. Kami harapkan pendatang baru Toyota, All New Sienta dan All New Calya akan menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Sebagai kendaraan populer di Jepang, sejak diluncurkan pada April lalu, All New Sienta yang diproduksi di pabrik Toyota di Karawang telah mendapat respon memuaskan dari masyarakat. Optimisme yang sama juga dilekatkan pada kehadiran All New Calya yang secara resmi diluncurkan pada pembukaan GIIAS 2016 ini.

Melengkapi Kebutuhan Pasar


GIIAS 2016 Peluncuran Calya ©2016 Merdeka.com

Sama seperti pendahulunya, Toyota menghadirkan All New Calya untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif nasional di segmen new entry MPV. Pasar ini berkembang pesat sejalan dengan peningkatan kesejahteraan di lapisan masyarakat menengah, terutama di kalangan keluarga muda yang menginginkan mobil pertama mereka. All New Calya didesain berdasarkan hasil survei terhadap keluarga Indonesia yang masih tetap menyukai kendaran MPV dengan harga terjangkau.

"Kehadiran All New Calya adalah untuk menjawab kebutuhan pasar akan kendaraan MPV dengan harga terjangkau dan dengan interior luas untuk semua keluarga. Kehadiran mobil ini membuat segmen MPV Toyota semakin lengkap," kata Deputy Chief Engineer Toyota Motor Corporation (TMC), Masanobu Ito.

Melalui perpaduan sempurna antara lampu utama, chrome grille serta bumper yang terlihat begitu fresh, penampilan All New Calya sangat agresif serta modern sejalan dengan arti kata sansekerta ini yaitu Sempurna. Sebagai mobil yang masuk di segmen new entry MPV, cabin All New Calya lebih luas di segmennya sehingga diharapkan menjadi kendaraan sempurna bagi konsumen.

Selain memiliki desain modern, memiliki fitur terlengkap di kelasnya, dan interior yang luas, All New Calya juga memberikan kenyaman penuh saat perjalanan dan efisien dalam bahan bakar. Bagian depan All New Calya terlihat lebar dengan desain radatior grille berbentuk trapezoid dan 'T' Shape yang mempertegas desain All New Calya. Desain interior All New Calya hadir dengan tema 'Multi-Layer Cockpit' dengan kombinasi warna hitam dan coklat yang senada, sehingga memberikan tampilan yang elegan.

"Inilah kejutan baru TAM untuk masyarakat Indonesia, All New Calya dalam konsep A Wonderful Surprise. Kami harapkan, All New Calya akan mengikuti sukses para pendahulunya, memberi kepuasan yang tinggi kepada pelanggan," kata Henry.

All New Calya dibekali mesin anyar dengan seri 3NR yang memiliki kapasitas 1.200 cc dengan teknologi Dual VVT-i, sehingga memberikan performa memadai serta memberikan efisiensi bahan bakar maksimal.

Karakter All New Calya yang merupakan True MPV 7-seater, menghadirkan 3-point seatbelt untuk seluruh penumpang untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Sementara bagi pengemudi dan penumpang mendapat tambahan perlindungan berupa Airbag.

Kehadiran All New Calya akan semakin melengkapi line-up Toyota di segmen MPV yang kini di isi Avanza dan Veloz, All New Sienta, Kijang Innova dan NAV 1, serta Alphard dan Vellfire. Secara keseluruhan, produk MPV Toyota tercatat sebagai line-up terlaris dengan total penjualan sepanjang semester I 2016 sebesar 108.820 unit (RS Juni 2016) sehingga marketnya naik menjadi 53,7 persen dibanding periode yang sama pada 2015 sebesar 49,9 persen.

Dengan semangat Let’s Go Beyond, Toyota telah meluncurkan berbagai produk dengan desain yang lebih fresh, modern, serta senantiasa sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dimulai dengan peluncuran Grand New Avanza dan Grand New Veloz, diikuti secara berturut-turut dengan peluncuran All New Kijang Innova, All New Fortuner, Rush TRD Sportivo Ultimo, serta All New Sienta yang semuanya mendapat respon yang positif.

Baca juga:
[EKSKLUSIF] Ini Toyota C-HR yang 'mejeng' di GIIAS
Calya bisa geser Avanza sebagai 'mobil sejuta umat' Toyota
Toyota segarkan eksterior Etios Platinum Facelift
GIIAS 2016, Toyota bakal pamerkan 30 mobil
Toyota setting target penjualan Calya lebih tinggi dari Avanza
Ini unit display di booth Toyota di GIIAS 2016

(mdk/idc)