Perkenalkan StartGPS, Aplikasi GPS Tracker Karya Anak Bangsa, Canggih Loh!

Perkenalkan StartGPS, Aplikasi GPS Tracker Karya Anak Bangsa, Canggih Loh!
StartGPS, aplikasi GPS Tracker karya PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia. ©2021 Merdeka.com
OTOMOTIF | 12 Oktober 2021 20:06 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Penggunaan GPS Tracker atau GPS pelacak pada kendaraan jamak digunakan, baik GPS tracker terintegrasi di kendaraan maupun GPS tracker yang dibeli secara terpisah.

Tapi, tahukah Anda bahwa hardware dan aplikasinya buatan negara lain?

Akibat masih asing, kendala yang sering terjadi dialami pengguna GPS Tracker adalah kesulitan melakukan personalisasi fitur yang dibutuhkan konsumen. Lantaran kebanyakan aplikasi yang beredar adalah aplikasi beli jadi dari luar negeri dan white label. Apalagi banyak perusahaan penyedia layanan GPS di Indonesia hanya mengubah label dan tampilannya menjadi merek tertentu.

Untuk mengatasi hal tersebut, StartGPS hadir dengan aplikasi khusus. Aplikasi ini yang dikembangkan sendiri alias karya anak bangsa dari PT Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia (STTI).

"Kami membuat aplikasi ini dari awal, mulai menentukan arsitektur serta desain aplikasi yang menerapkan teknologi terkini dan tepat guna. Juga berdasarkan pengalaman kami di bidang teknologi pelacakan, dan tak lupa berbekal riset kebiasaan dan kebutuhan konsumen. Sehingga konsumen yang lebih advanced dapat melakukan personalisasi atau penyesuaian sesuai kebutuhan bisnis konsumen," kata Hartono Budiman, CEO PT STTI, dalam keterangan pers, Selasa (12/10).

Selain itu, untuk konsumen ritel yang tidak membutuhkan penyesuaian pun dimanjakan dengan kelebihan aplikasi StartGPS. Antara lain konsumen merasakan aplikasi yang lebih smooth: seamless user experience, untuk peralihan antar-fitur yang digunakan. Transisi mulus sehingga user mendapat pengalaman menggunakan aplikasi yang lebih baik lagi.

"Aplikasi StartGPS memiliki banyak fitur, seperti pelacakan, monitoring, rekam jejak, reporting park and stop report, trip report, driving behaviour supir, realtime temperature, dan realtime fuel consumption. Selain pengunaan teknologi terkini dan tepat guna serta aplikasi pelacakan buatan anak bangsa, perbedaan kami dengan kompetitor adalah kami juga memiliki produk roadmap yang jelas untuk pengembangan aplikasi ke depan. Serta aplikasi kami dapat menerima koneksi hardware GPS dari berbagai merek," lanjut Hartono.

Soal penyesuaian aplikasi, Business Process Manager STTI Irma Purnamasari, menambahkan contoh penyesuaian yang dilakukan, salah satunya fitur yang menyediakan solusi spesifik bagi salah satu konsumen yang memiliki lini bisnis distribusi merek sepeda motor terbesar di Indonesia. Ke depann fitur ini juga akan dapat dipakai oleh konsumen lain yang membutuhkan. Sebagai startup company, tentu pengembangan aplikasi akan selalu diutamakan oleh StartGPS.

"Saat ini kami terus mengembangkan aplikasi dan menerapkan 'Software as a Service'. Penyesuaian fitur yang dibuat seperti permintaan konsumen, akan bisa dipakai juga oleh konsumen lain. Dan juga masih banyak fitur lainnya yang akan dikembangkan," jelas dia.

2 dari 2 halaman

Migrasi Server Aplikasi Gratis

Salah satu kelebihan yang penting di aplikasi Start GPS adalah dapat menerima koneksi seluruh device hardware GPS Tracker dari merek apa pun yang beredar di Indonesia.

"Ini dimungkinkan sebab server kami dapat menerima hampir seluruh GPS Tracker yang beredar di Indonesia, sehingga konsumen yang kurang puas dengan aplikasi GPS yang lama, dapat berpindah ke server aplikasi StartGPS. Jadi tidak memberatkan konsumen, karena tidak perlu beli device atau hardware GPS baru. Alhasil memudahkan memakai Aplikasi kami," ujar Irma.

Pada Oktober tahun in, pihaknya membebaskan biaya alias gratis kepada calon konsumen yang ingin berpindah aplikasi server ke StartGPS. Caranya mudah, cukup pakai alat lama, tanpa perlu beli alat GPS Tracker yang baru lagi. Lebih hemat, lebih memudahkan, sesuai tagline: "Easy and Flexible".

"Anda butuh bukti? silakan coba sendiri aplikasi StartGPS di device lama Anda, mumpung sedang gratis pindah server," pungkas Irma.

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami