Permintaan Global Tinggi, Inden New Suzuki Jimny Paling Cepat 6 Bulan di Indonesia

OTOMOTIF | 19 Juli 2019 13:54 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Jika Anda pemesan New Suzuki Jimny pada tahun ini, maka diharap banyak minum pil 'sabar'. Sebab, PT Suzuki Indomobil Sales yang mendatangkan New Jimny dari Jepang memperkirakan masa inden di Indonesia paling cepat enam bulan.

Makmur, Direktur Penjualan SIS, menjelaskan tidak seperti tahun sebelumnya, saat ini Suzuki Indonesia kontinu menjual New Jimny yang terkenal sebagai mobil SUV 4x4 fenomenal. Namun, karena permintaannya secara global juga tinggi, maka Suzuki Indonesia mendapat kuota hanya 50 unit per bulan.

Dengan jumlah pasokan per bulan terbatas tersebut, Suzuki pun mesti pandai-pandai mengatur jumlah stok New Jimny per dilernya. Karena ada 54 diler Suzuki Jimny di seluruh Indonesia yang mesti mendapat kuota per bulan. Maka itu, Suzuki Indonesia tengah berpikir keras membagi jumlah kuotanya supaya adil. Tujuannya supaya penggemar New Jimny di seluruh Indonesia bisa memilikinya.

Menurut Makmur, pihaknya baru bisa menentukan jumlah kuota New Jimny setiap diler pada September 2019 di tahap pertama ini. Kemudian tahap kedua diperkirakan pada Mei 2020.

"Tolong bantu bagaimana kami bisa membagi dengan adil kuota 50 unit per bulan pada 54 diler Suzuki New Jimny di seluruh Indonesia. Kami tidak bisa memastikan masa tunggu atau inden New Jimny sebab memang indennya lama. Bahkan di global, indennya rata-rata satu tahun. Untuk Indonesia, paling cepat mungkin enam bulan," ujar Makmur usai peluncuran New Jimny di booth Suzuki di pameran GIIAS 2019, ICE BSD City, Tangerang, kemarin (18/7).

Harga Rp 315-330 juta

SUV Jimny generasi keempat ini memiliki harga on the road (OTR) Jakarta Rp 315,5 juta untuk varian single tone transmisi manual (MT). Kemudian Rp 317,5 juta untuk varian two tone (MT), Rp 328 juta untuk varian single tone transmisi otomatis (AT), dan Rp 330 juta untuk varian two tone AT (varian termahal).

©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Jimny generasi keempat memiliki pilihan warna single tone yang terdiri dari Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green. Sedangkan two tone terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black pearl 3.

New Jimny memiliki dimensi panjang 3.265 milimeter (mm), lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm, mobil legendaris ini memiliki dimensi yang mampu menerjang berbagai medan.

Mesin K15B-nya yang ringan mampu menghasilkan tenaga 102 ps per 6.000 rpm dan torsi 130 NM di 4.000 rpm. Mesin Jimny generasi keempat ini menawarkan kemampuan off-road mutakhir untuk menghadapi dan mengeksplorasi tantangan dengan mode berkendara 2H, 4H, dan 4L.

Jimny anyar memiliki ground clearance setinggi 210 mm dengan radius putar 4,9 meter, sehingga memudahkan pengemudi saat harus bermanuver di area yang sulit ditempuh. Untuk membantu meredam guncangan saat berada di dalam mobil, Suzuki juga menambahkan kekuatan pada suspensi 3 link rigid axle yang dilengkapi coil spring dan disangga struktur Ladder Frame.

Saat menjelajahi medan menanjak/menurun, fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control bisa digunakan untuk menjaga kendaraan agar tidak meluncur. Di samping itu, terdapat juga 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang secara otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras. AC Auto Climate yang dilengkapi heater, ISOFIX, SRS Dual Airbag dan Immobilizer yang mengurangi risiko pencurian tetap menjadi fitur standar keamanan Suzuki yang juga diterapkan pada Jimny generasi keempat.

(mdk/sya)